Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/Intan Fauzi
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo--Metrotvnews.com/Intan Fauzi

Mendagri Sebut KTP-el Tercecer di Bogor Sabotase

Nasional korupsi e-ktp e-ktp
M Sholahadhin Azhar • 27 Mei 2018 20:18
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta pihak internalnya melakukan investigasi terkait tercecernya KTP berbasis elektronik (KTP-el). Ia menduga tercecernya KTP-el bentuk sabotase dari pihak tertentu.
 
"Kepada Sekjen, Irjen dan biro hukum, segera turun lakukan investigasi di Ditjen Dukcapil. Siapa yang tanggung jawab, dan pasti ada unsur sabotase," kata Tjahjo melalui pesan singkat, Minggu, 27 Mei 2018.
 
Tak hanya itu, Politikus PDI Perjuangan ini juga meginstruksikan Ditjen Dukcapil segera memusnahkan barang bukti yang diamankan. Sebab, ia khawatir KTP-el yang tercecer dan sudah diamankan di gudang itu disalahgunakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus dihancurkan atau dibakar. Jangan dibawa-bawa ke gudang, waspada disalahgunakan," katanya.
 
Baca: KTP-el Tercecer di Bogor Barang Bukti Kasus Korupsi
 
Tjahjo juga meminta Dirjen Dukcapil sudah memberikan nama pihak yang bertanggungjawab atas peristiwa tercecernya KTP-el itu paling lambat Selasa besok. Menurutnya kejadian ini memiliki unsur kesengajaan.
 
"Kepada Dirjen Dukcapil, Selasa besok harus selesai usulan mutasi pejabat Dukcapil yang harus bertanggung jawab, (atau) dinonjobkan. Saya berpendapat sebagai Mendagri, ini sudah bukan kelalaian tapi sudah unsur kesengajaan," kata Tjahjo.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif