Ilustrasi: Metro TV
Ilustrasi: Metro TV

10 Kapal Polisi Air Cari Pesawat Sriwijaya Air

Nasional pesawat hilang Pesawat Jatuh Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Sriwijaya Air Indonesia Sriwijaya Air Jakarta to Pontianak Sriwijaya Air Loses Contact
Cindy • 09 Januari 2021 23:18
Jakarta: Direktorat Polisi Air Badan Pemeliharaan Keamanan (Ditpolair Baharkam) Polri mengerahkan 10 kapal untuk membantu pencarian jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJY 182. Kapal dikerahkan ke sebelah selatan Pulau Lancang, Kepulauan Riau.
 
"Kami atas perintah Kabaharkam Polri (Komjen Agus Andrianto) akan berangkat menuju ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Ada Tiga kapal yang sudah ke TKP, nanti ada tujuh lagi," kata Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol M. Yassin Kosasih di Jakarta, Sabtu, 9 Januari 2021.
 
Sebanyak 100 personel dikerahkan dalam pencarian tersebut. 50 personel di antaranya ditugaskan untuk menyelam mencari puing pesawat yang berada di bawah laut. Sedangkan, 50 personel lainnya berada di kapal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti di TKP, kita turunkan alat SAR (search and rescue) dan tim menyelam ada alat canggih finger, ada dua set untuk mencari black box," ucap dia.
 
Baca: KNKT Kumpulkan Data Soal Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air
 
Yassin mengatakan perjalanan dengan jarak 25 mile ini membutuhkan waktu dua sampai tiga jam. Sebab, pihaknya terkendala cuaca buruk di lapangan.
 
"Cuaca buruk itu yang menjadi kesulitan kita ke TKP. Tapi malam ini tiga kapal sudah, kapal nanti ada tujuh lagi, kita lokalisasi dan besok pagi Tim SAR bisa mencari korban," ujar Yassin.
 
Pesawat Sriwijaya Air dengan call sign SJY 182 rute Jakarta-Pontianak hilang kontak pukul 14.39 WIB. Pesawat itu bernomor registrasi PK CLC dengan jenis Boeing 737-500.
 
Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 nautical mile di utara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, tepatnya di sekitar Kepulauan Seribu. Pesawat tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki.
 
Informasi yang didapat Metro TV, pesawat itu mengangkut 59 orang. Mereka terdiri dari 53 orang dewasa, lima anak-anak, dan satu bayi. Maskapai Sriwijaya Air masih menghubungi berbagai pihak untuk mencari informasi lengkap mengenai insiden ini.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif