Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA Menhub Minta Operator
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO: MI/ARYA MANGGALA Menhub Minta Operator

Infrastruktur Transportasi di Sumbagsel Dipacu

Nasional infrastruktur transportasi Kementerian Perhubungan menhub
Antara • 17 April 2022 02:38
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung upaya akselerasi konektivitas di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel). Yakni dengan membangun infrastruktur transportasi melalui skema pendanaan kreatif baik melalui kerja sama dengan BUMN maupun swasta.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sejumlah pembangunan infrastruktur transportasi yang tengah dilakukan di Sumbagsel di antaranya Pelabuhan Tanjung Carat di Sumsel, Pelabuhan Panjang di Lampung, dan Pelabuhan Ujung Jabung di Jambi.
 
"Saya dan Pak Erick (Menteri BUMN) kompak untuk membangunnya tidak pakai APBN. Begitupun dengan Bu Menkeu (Sri Mulyani), bahwa kita menggalakkan swasta untuk aktif membangun infrastruktur yang potensial ini. Kalau ada swasta yang sudah masuk, baru saya sampaikan ke Menteri PUPR untuk membangun akses jalannya," kata Budi Karya dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu, 16 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menhub mengungkapkan untuk meningkatkan konektivitas dari dan menuju Provinsi Bengkulu akan dioptimalkan melalui pembangunan tol laut. Dia menerangkan biaya tol laut akan lebih rendah dibandingkan membangun infrastruktur kereta api.
 
Baca: Cek Jalur Mudik, Kakorlantas: Kami Terus Memonitor di Lapangan
 
"Secara konsep kereta api akan menghubungkan antara Jambi ke Bengkulu. Namun kita harus realistis karena untuk membangunnya harus melalui Bukit Barisan. Oleh karenanya solusinya adalah dengan membuat tol laut,” ujar dia.
 
Ia menjelaskan, akan mengintensifkan Pelabuhan Mesuji untuk meningkatkan konektivitas logistik ke arah Bangka Belitung. "Sementara jembatan belum jadi, konektivitas di Bangka Belitung dan Sumsel juga akan diintensifkan menggunakan kapal penyeberangan roro," kata dia.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif