Ilustrasi internet. Medcom
Ilustrasi internet. Medcom

Internet Menjadi Pilihan Media Utama Masyarakat Indonesia

Nasional survei internet media massa
Anggi Tondi Martaon • 20 April 2022 18:04
Jakarta: Masyarakat mulai beralih dalam penggunaan media dari televisi ke internet. Hal itu terlihat dalam survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia.
 
"Jadi internet sekarang adalah media utama yang dikonsumsi masyarakat Indonesia," kata peneliti utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida saat dikutip dari akun YouTube Indikator Politik Indonesia, Rabu, 20 April 2022.
 
Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia, sebanyak 55,3 persen responden memilih internet sebagai media utama yang digunakan. Kemudian, 36,1 persen responden memilih televisi sebagai media utama yang mereka pakai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi temuan pertama saat ini bahwa masyarakat mengakses internet sebagai media yang paling sering mereka gunakan, menggeser televisi," ungkap dia.
 
Persentase penggunaan media lain cukup kecil. Hanya 1,7 persen responden menggunakan radio, 1,1 persen responden menggunakan koran, dan 0,1 persen responden menggunakan majalah.
 
"Sedangkan yang memilih tidak menjawab yaitu 5,6 persen," ujar dia.
 
Baca: Adu Cepat Internet, Jakarta Masih Unggul dari Ibu Kota Baru
 
Survei dilakukan secara daring pada 21 Februari hingga 16 Maret 2021. Jumlah responden sebesar 733 orang yang dipilih dengan metode simple random sampling. Margin of error penelitian tersebut lebih kurang 3,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif