Ilustrasi.
Ilustrasi.

Adu Cepat Internet, Jakarta Masih Unggul dari Ibu Kota Baru

Teknologi internet telekomunikasi
Cahyandaru Kuncorojati • 19 April 2022 11:22
Jakarta: Ibu kota baru Indonesia yang dikenal sebagai IKN Nusantara digadang bakal menawarkan desain dan konsep sebuah smart city dengan lokasinya yang berada di Kalimantan Timur. Smarty City sendiri tidak terlepas dari kehadiran konektivitas internet sebagai pendukung utama.
 
Menurut hasil riset organisasi independen Opensignal, ternyata kecepatan internet di ibu kota baru atau IKN Nusantara masih kalah cepat dari Jakarta. Analisis ini dilakukan Opensignal dengan membandingkan kecepatan internet seluler Kalimantan Timur, Jakarta, dan sejumlah wilayah di Jawa.
 
“Analisis dari Opensignal menunjukkan bahwa Jakarta Raya memiliki keunggulan dalam kecepatan seluler. Namun, Kalimantan Timur lebih cepat dari sebagian besar wilayah Jawa,” tutur analis Opensignal Indonesia, Hardik Khatri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pengguna kami di Jakarta Raya mengamati kecepatan unduh rata-rata 17,5 Mbps, yang berarti 1,2 Mbps atau 7,6 persen lebih cepat dari Kalimantan Timur,” sambungnya. Kecepatan unduh yang dimaksud adalah kecepatan download.
 
Adu Cepat Internet, Jakarta Masih Unggul dari Ibu Kota Baru
 
Di grafik yang dibagikan Opensignal disebutkan bahwa kecepatan unduh atau download di Kalimantan Timur masih lebih unggul dari Banten, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.
 
Meskipun begitu, hasil yang berbeda ditunjukan pada kecepatan unggah atau upload. Jakarta masih paling unggul dengan 8,6 Mbps sementara kecepatan upload di Kalimantan Timur hanya 6,5 Mbps, sehingga tertinggal dari Banten maupun Jawa Barat.
 
Adu Cepat Internet, Jakarta Masih Unggul dari Ibu Kota Baru
 
Opensignal juga menemukan bahwa pengalaman pengguna ponsel cerdas kami saat melakukan streaming video melalui koneksi seluler di Kalimantan Timur memperoleh peringkat yang tidak cukup bagus berdasarkan nilai kepuasan. 
 
Aplikasi yang digunakan dalam analisis ini adalah WhatsApp, Skype, dan facebook Messenger. Di kategori pengalaman bermain game dinilai berdasarkan respon dari perangkat ke dalam game atau tingkat lag dari koneksi internet.
 
Adu Cepat Internet, Jakarta Masih Unggul dari Ibu Kota Baru
 
Opensignal juga menganalisa pengalaman koneksi 4G di sejumlah kawasan yang disebutkan. Kalimantan Timur diklaim tidak selalu terhubung dengan koneksi 4G berdasarkan durasi. Hal ini menandakan mereka masih mengandalkan koneksi 3G yang merupakan generasi sebelumnya.
 
(MMI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif