Peluncuran Teaser Film Impian 1000 Pulau. (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Peluncuran Teaser Film Impian 1000 Pulau. (Foto: Dok. Kemenko PMK)

Gerakan 1000 Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan Melalui Film

Nasional berita kemenko pmk
Pelangi Karismakristi • 02 Agustus 2018 11:24
Kepulauan Seribu: Upaya melestarikan lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh Gerakan 1000, yang belum lama ini mengajak masyarakat melestarikan lingkungan melalui film berjudul Impian 1000 Pulau.
 
Film tersebut berisi nilai-nilai revolusi mental dan sustainability sekaligus menjadi media promosi Kepulauan Seribu yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).
 
"Melalui peluncuran Teaser film Impian 1000 Pulau Saya mengajak masyarakat untuk bersatu mewujudkan film sebagai media pendidikan, melestarikan lingkungan, memberdayakan potensi lokal, dan menjadikan Indonesia Bersih, Indonesia Melayani, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu," tutur Ketua Gerakan 1000 Ivon Zakaria pada saat meluncurkan teaser film Impian 1000 Pulau, di Pulau Kelapa Dua, Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS), Senin 31 Juli 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acara tersebut juga diramaikan dengan beberapa kegiatan, di antaranya penanaman 1.200 mangrove di TNKS yang sekaligus memperingati Hari Mangrove Internasional. Selain itu, ada pula pembukaan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan yang dilaksanakan oleh Balai TNKS bekerjasama dengan OJK.
 
Gerakan 1000 Ajak Masyarakat Lestarikan Lingkungan Melalui Film
 
Hadir dalam acara peluncuran ini lembaga dan organisasi yang tergabung dalam Gerakan 1000 yaitu Rismunandar, Asisten Deputi Jejaring Inovasi Maritim, Kemenko bidang Kemaritiman selaku Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Gerakan Nasional Revolusi Mental serta perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Koperasi dan UKM, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Sineas Muda Indonesia, dan lainnya.
 
Untuk Anda ketahui, Gerakan 1000 merupakan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan dengan pendekatan quadruple helix (4 helix) dengan menerapkan prinsip-prinsip Gerakan Revolusi Mental. Gerakan 1000 adalah pilot project ekonomi kreatif terintegerasi yang didukung oleh beberapa kementerian dan lembaga. Di antaranya Kemenko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kemenko bidang Kemaritiman, Kemenko bidang Perekonomian, Bekraf, Bank Indonesia, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemprov DKI, Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu dan Pemkab Kepulauan Seribu.
 
Sebagai komunitas generasi milenial, Sineas Muda Indonesia berupaya menjadikan film sebagai media pendidikan. Mereka adalah komunitas penggerak berbagai kegiatan dari Gerakan 1000 dan mensinergikannya dengan berbagai stakeholders. Sejak dimulainya Gerakan 1000 pada awal 2016, terdapat 32 aktivitas pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan sebagai wujud kerja nyata dan kerja bersama dari Gerakan 1000.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif