Kemenko PMK Dukung Peran Perempuan dalam Perekonomian
Plt Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenko PMK Ghafur Dharmaputra membacakan pidato Menko PMK Puan Maharani pada Rakernas IWAPI ke-28 di Padang, Sumatera Barat, Selasa, 9 September 2018 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Padang: Pemberdayaan di bidang ekonomi merupakan salah satu indikator dalam pembangunan perempuan. Pemerintah, dalam hal ini Kemenko PMK, berkomitmen menjamin keterlibatan perempuan Indonesia dalam perekonomian.

"Memastikan lingkungan yang kondusif untuk ikut andil dalam pembangunan ekonomi nasional," kata Plt Deputi Bidang Koordinasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Ghafur Dharmaputra saat membacakan pidato Menko PMK Puan Maharani, pada Rakernas Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) ke-28 di Padang, Sumatera Barat, Selasa, 9 September 2018.

Ghafur menyampaikan, salah satu wujud komitmen tersebut terlihat melalui kegiatan CSR perusahaan. Program tersebut ditujukan untuk menggugah partisipasi stakeholder dalam pengembangan usaha perempuan dan penanggulangan kemiskinan.

"Serta meningkatkan partisipasi masyarakat kaum perempuan dan dunia usaha dalam pengembangan perlindungan sosial melalui usaha dan sumber pembiayaan, meningkatkan produktivitas ekonomi perempuan kelompok miskin di berbagai kegiatan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, meningkatkan akses kelompok perempuan terhadap informasi, teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan, serta mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan," ucapnya.

Selain itu, komitmen juga diwujudkan melalui kebijakan dan program kementerian/lembaga (K/L), di antaranya melalui program responsif gender, pelatihan, dan pemberdayaan perempuan.

Ghafur berharap, melalui sinergi yang terjalin dapat meningkatkan peran perempuan dalam bidang perekonomian. Dia meyakini, peran aktif kaum hawa dalam perekonomian akan berdampak positif bagi kemajuan bangsa dan negara. "Peran perempuan dalam bidang ekonomi akan mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat," ujarnya.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id