Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Hari Bumi 2022, Ini 10 Cara Sederhana Mengatasi Perubahan Iklim

Nasional pemanasan global Hari Bumi mobil listrik perubahan iklim united nations bersepeda jalan kaki menghemat listrik
Sri Yanti Nainggolan • 22 April 2022 14:44
Jakarta: Perubahan iklim menjadi fokus dalam peringatan Hari Bumi yang jatuh tiap 22 April. Semua orang bisa berkontribusi untuk mengurangi krisis iklim yang terjadi di planet ini. 
 
Berbagai aksi sederhana bisa membantu membatasi perubahan iklim. Berikut 10 aksi untuk membuat Bumi menjadi lebih baik dari United Nations ActNow. 
 

1. Hemat energi di rumah 

Sebagian besar listrik dan panas ditenagai oleh batu bara, minyak, dan gas. Gunakan lebih sedikit energi dengan menurunkan pemanasan dan pendinginan. Beralihlah ke bola lampu LED dan peralatan listrik hemat energi. Mencuci pakaian dengan air dingin atau menggantung barang-barang hingga kering daripada menggunakan pengering.
 
Baca: Hari Bumi 2022, Google Doodle Tampilkan Dampak Perubahan Iklim
 

2. Berjalan kaki, bersepeda, atau naik transportasi umum

Bahan bakar kendaraan adalah solar atau bensin. Oleh karena itu, pilihlah berjalan kaki atau bersepeda untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum untuk perjalanan berjarak jauh. 
 

3. Perbanyak makan sayuran

Makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Lebih sedikit konsumsi daging dan susu. Hal itu dapat secara signifikan menurunkan dampak lingkungan. Memproduksi makanan nabati umumnya menghasilkan lebih sedikit emisi gas rumah kaca dan membutuhkan lebih sedikit energi, tanah, dan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbanyak makan sayur. Foto: Freepik.com
Perbanyak makan sayur. Foto: Freepik.com?
 

4. Kurangi naik pesawat 

Pesawat terbang membakar sejumlah besar bahan bakar fosil sehingga menghasilkan emisi gas rumah kaca yang signifikan. Karena itu, lebih baik menggunakan transportasi darat atau pertemuan virtual. 
 

5. Buang lebih sedikit makanan

Saat membuang makanan, Anda juga membuang sumber daya dan energi yang digunakan untuk menanam, memproduksi, mengemas, dan mengangkutnya. Selain itu, makanan membusuk di tempat pembuangan sampah menghasilkan metana, gas rumah kaca yang kuat. Karena itu, cobalah kompos dari sisa makanan.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif