Gambar tangkap layar @arbainrambey
Gambar tangkap layar @arbainrambey

Heboh Gunung Gede Terlihat di Kemayoran, Ini Penjelasan Fotografer Senior

Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 Februari 2021 15:12
Jakarta: Netizen sedang ramai memperbincangkan foto suasana Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan latar belakang gunung Gede Pangrango yang diunggah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta di akun Twitter @dinaslhdki. Mereka meragukan keaslian foto karya fotografer Ari Wibisono tersebut.
 
Viralnya foto ini pun menarik perhatian fotografer senior Arbain Rambey. Ia menyebut bahwa
foto tersebut hasil ‘tempelan’.
 
“Ini foto tempelan. Untuk dapat Pangrango segede gitu, butuh tele panjang lalu memotret dari jauh. Melihat perbandingan mobil depan dan belakangnya, jelas tak memakai tele panjang,” tulis Arbain membalas unggahan @dinaslhdki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa bukan berarti tidak ada gunung dalam frame tersebut. Tetapi, menurutnya ukuran Gunung Gede Pangrango tidak sebesar dalam foto itu.
 
Saya bukan bilang gunungnya gak ada loh. Saya bilang ukuran gunung Pangrangonya tak segede itu di bidang fotonya kalau jalan di bawahnya perspektifnya seperti itu,” bebernya.
 
Karena masih terjadi perdebatan, Arbain menjelaskan lebih detail bahwa perspektif gunung ke foreground  (latar depan) tidak nyambung dengan perspektif mobil yang tampak dalam foto tersebut.
 
Ini twit yang semoga penghabisan untuk polemik foto gunung: Perspektif gunung ke foreground nggak nyambung dengan perspektif mobil-mobil  yang tampak. Gunung ke foreground itu compactionnya gila-gilaan (tele panjang buanged). Sedangkan perspektif mobil-mobil  itu tampak pakai tele pendek,” pungkasnya.
 
 
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif