Ilustrasi KPK. Foto: MI.
Ilustrasi KPK. Foto: MI.

Pegawai KPK S1 Masuk Golongan ASN IIIA

Nasional kpk Revisi UU KPK
Ilham Pratama Putra • 16 Desember 2019 13:52
Jakarta: Status jabatan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi bakal mengikuti struktur golongan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sejumlah hal bakal dipertimbangkan buat menentukan golongan pegawai.
 
"Misalkan masuk di KPK sebagai sarjana S1 berarti golongan ruangnya golongan IIIA. Kalau Diploma 3 berarti IIC," papar Plt. Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Paryono, kepada Medcom.id di Kantornya, Cililitan, Jakarta Timur, Senin, 16 Desember 2019.
 
Paryono menuturkan lama kerja pegawai juga bakal ditimbang. Dia memastikan pengisian golongan adil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau sudah bekerja lama, akan naik secara reguler. Misalnya IIIA setelah empat tahun naik jadi IIIB," jelas dia.
 
Hal ini juga berlaku pada jabatan tertentu. Paryono menyebut jabatan strategis di KPK bakal disamakan dengan eselon.
 
"Kalau jabatan ini di tingkat apa gitu di KPK, misal bisa disamakan dengan eselon III. Kalau jabatan ini, sama dengan eselon IV," tutur dia.
 
Paryono menyebut penyesuaian masih didalami. Pihaknya bakal membahas dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
 
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 atas Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi mengatur pegawai KPK bakal berubah status menjadi ASN.
 
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap tidak ada pegawai KPK mengundurkan diri lantaran beralih status. Lembaga Antirasuah masih membutuhkan orang-orang yang memberantas korupsi ke depan.
 
"Saya berharap jumlah itu tidak tambah dan saya tidak bisa memastikan karena memang UU baru. Karena begitu mereka mengajukan itu ke pimpinan," tutur Saut.
 
Hingga saat ini 12 pegawai KPK mengundurkan diri. Mereka diduga mundur setelah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 berlaku.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif