Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: MI/SUSANTO
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. FOTO: MI/SUSANTO

Masterplan Ibu Kota Baru Diharapkan Rampung di Semester I 2020

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Damar Iradat • 23 November 2019 09:53
Jakarta: Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, masterplan pembangunan ibu kota baru diharapkan rampung pada pertengahan semester pertama tahun 2020. Saat ini, pemerintah masih merampungkan hasil pre-masterplan ibu kota baru.
 
"Saya harap pertengahan semester 1 tahun 2020 sudah selesai (masterplan)," kata Suharso di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.
 
Suharso mengatakan, rancangan masterplan menunggu hasil pra-masterplan. Ia menjelaskan, pre-masterplan menjadi pijakan pemerintah untuk membuat masterplan ibu kota baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah masterplan berjalan, nantinya baru pemerintah akan menyiapkan detail plan. Ia menyebut, penyusunan detail plandiharapkan dapat dilaksanakan pada kuartal kedua tahun 2020.
 
Suharso mengatakan, nantinya, proses-proses ini dikerjakan dengan pararel. "Waktunya tidak berseri, tapi bisa paralel," tutur dia.
 
Kendati begitu, Suharso menjelaskan, pengerjaan konstruksi ibu kota baru belum dapat dimulai pada akhir 2020. Menurutnya, konstruksi baru bisa dikerjakan setelah detail plan rampung.
 
"Pokonya perencanaan itu harus detail, kita bahas dan habis-habisan di situ, supaya tidak menyesal. Apa yang akan terjadi kita respons di situ," papar Pelaksana tugas Ketua Umum PPP itu.
 
Sebelumnya, Pemerintah berjanji tepat waktu memindahkan ibu kota. Peletakan batu pertama (groundbreaking) pemindahan ibu kota dimulai pada akhir 2020.
 
"Groundbreaking mungkin 2020 akhir atau 2021, 2023 sudah dikunci semua," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 18 November 2019.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif