Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

KIP Perjuangkan Hari Keterbukaan Informasi Nasional

Nasional keterbukaan informasi publik
Ilham Pratama Putra • 30 April 2019 13:25
Jakarta: Komisi Informasi Pusat (KIP) mewacanakan 30 April diperingati sebagai Hari Keterbukaan Informasi Nasional (KIN). Hal ini sebagai pengingat periodik bahwa keterbukaan informasi bagian dari hak masyarakat.
 
"Manfaatnya kita akan mampu menyejajarkan diri sebagai negara yang demokratis. Keberadaan informasi sangat penting, dan ini yang harus disadari oleh masyarakat, Hari KIN dapat menjadi momentum," kata Ketua KIP Abdulhamid Dipopramono, di kantor KIP, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2019.
 
Selain memberikan penerangan buat masyarakat, Abdul menyebut peresmian hari KIN juga sebagai bentuk penghargaan bagi perintis keterbukaan informasi di Indonesia. Dia menyebut orang yang berperan untuk memperjuangakan keterbukaan informasi merupakan pahlawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para perintis keterbukaan informasi itu pejuang reformasi di Indonesia. Untuk itulah harus ada pengakuan dan kepedulian negara yang lebih kuat atas peringatan hari KIN," ujarnya.
 
Baca juga:Rapor Keterbukaan Informasi Publik DKI Jeblok
 
Setelah terbentuknya semangat untuk meresmikan hari KIN, dia berharap pemerintah mampu melayani masyarakat lebih optimal. Permohonan atas informasi dibuat sederhana dan sepraktis mungkin.
 
"Ini yang menjadi ruh Hari KIN. Hak atas Informasi harus dijamin. Jika pun ada penolakan atas permohonan informasi harus berdasar alasan yang benar," kata Abdul.
 
Lebih lanjut, pihaknya sudah menggencarkan usaha penetapan hari KIN sejak 2014. Bahkan deklarasi telah digelar di Nusa Tenggara Barat pada 14 September 2014.
 
Selanjutnya KIP akan mengajukan penetapan hari KIN kepada presiden dengan Keppres. Dipilihnya tanggal 30 April sendiri salah satunya, karena Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, nomor 14 tahun 2008, lahir pada tanggal 30 April 2008.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif