Ilustrasi kekerasan seksual. Medcom.id
Ilustrasi kekerasan seksual. Medcom.id

4 Berita Viral Kasus Kejahatan Seksual, Pelecehan di UNJ Hingga Kasus Pemerkosaan Riau

Cindy • 08 Desember 2021 17:50
Jakarta: Kasus kejahatan seksual belakangan ini ramai diperbincangan di dunia maya. Teranyar, kasus pelecehan seksual dosen ke mahasiswi kembali ditemukan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). 
 
Berikut 4 kasus pelecehan dan kekerasan seksual yang viral di media sosial:

1. Pelecehan seksual UNJ

Seorang dosen UNJ, Jakarta Timur, berinisial DA, diduga melakukan pelecehan seksual kepada sejumlah mahasiswi. Aksi pelecehan seksual itu berupa pesan-pesan teks bernada menggoda (sexting). 
 
Kepala Humas UNJ Syaifudin membenarkan dugaan kasus pelecehan seksual itu. Pasalnya, sejumlah mahasiswi yang merasa dilecehkan telah melapor ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNJ. Dari laporan itu, diketahui pula jika pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen DA terjadi beberapa tahun lalu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kasus ini sudah terjadi beberapa tahun lalu dan baru terungkap saat ini oleh para korban," kata Syaifudin kepada Medcom.id, Rabu, 8 Desember 2021.
 
Pelecehan seksual yang melibatkan oknum dosen DA ini pun ternyata telah memakan banyak korban. Korban yang membuat aduan datang dari alumni hingga beberapa mahasiswi yang masih aktif.
 
Baca: 7 Mahasiswi Unsri Ngaku Dilecehkan Oknum Dosen

2. Pelecehan seksual UNSRI

Dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) berinisial AR ditetapkan sebagai tersangka pencabulan kepada mahasiswi berinisial DR, 22. AR ditahan selama 20 hari ke depan. 
 
Dalam kasus ini, AR melakukan pelecehan seksual terhadap DR saat hendak melakukan bimbingan skripsi di Laboratorium Sejarah Unsri pada 25 September 2021. Barang bukti yang diamankan berupa berupa baju, pakaian dalam korban, dan barang lainnya.
 
Selain AR, dosen Unsri berinisial R juga dilaporkan ke polisi oleh tiga mahasiswi atas kasus serupa. Bahkan, kasus pelecehan seksual oleh R bertambah usai tujuh korban lainnya melaporkan kasus ke Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsri. 
 
"Ketujuh korban baru itu dari kalangan mahasiswi dan alumni Unsri. Mereka akan melaporkan dosen R atas kasus pelecehan seksual seperti yang sudah dilaporkan tiga mahasiswi sebelumnya," kata Ketua Tim Advokasi IKA Unsri, Yan Iskandar, Selasa, 7 Desember 2021.
 
Baca: Marak Kasus Pelecehan Seksual, Kenali 5 Jenisnya

3. Kasus pemerkosaan Ibu Rumah Tangga di Riau

Seorang ibu rumah tangga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau, berinisial ZU (19), diperkosa empat orang pria secara bergantian. Salah satu pelaku berinisial DK telah ditangkap Polres Rokan Hulu. 
 
Sementara itu, tiga pelaku lainnya berinisial AT, ML, dan ZM, masih dalam penyelidikan. Perbuatan tak senonoh itu berlangsung sejak Agustus hingga Oktober 2021. Awalnya, ZU tidak berani melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian karena mengaku diancam. 
 
"Saya takut mereka mengancam terus pakai pisau. Pakai senjata api juga ngancam terus," kata ZU, Selasa, 7 Desember 2021. 

4. Kekerasan seksual oknum polisi di Malang

Bripda Randy Bagus Hari Sasongko ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pemaksaan aborsi terhadap kekasihnya berinisial NRW (23).Randy dianggap dalang atau pemicu mahasiswi itu menenggak racun potasium.
 
Penetapan tersangka setelah mengumpulkan bukti-bukti yang ada dari barang bukti di lokasi hingga siber. Selain itu, polisi masih menyelidiki dugaan pemerkosaan Randy terhadap NRW. 
 
"Kita belum bisa mengatakan itu diperkosa, tetapi tetap akan kami dalami," kata Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi, Senin, 6 Desember 2021. 
 
Menurut dia, Bripda Randy dan NRW berhubungan tanpa paksaan. Keduanya diketahui telah berpacaran selama tiga tahun. 
 
"Dia sudah dua kali melakukan aborsi. Kalau logikanya apakah hal itu dilakukan dengan pemerkosaan, itu logikanya masih jauh kan karena dia berpacaran tiga tahun," ujar Gatot. 
 
Baca: Oknum Dosen DA Diduga Lecehkan Mahasiswi, UNJ Segera Bikin Aturan PPKS
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif