Bamsoet Minta Masyarakat Tak Demonstrasi Tanggapi Pembakaran Bendera

Whisnu Mardiansyah 26 Oktober 2018 04:07 WIB
Pembakaran Bendera HTI
Bamsoet Minta Masyarakat Tak Demonstrasi Tanggapi Pembakaran Bendera
Ketua DPR Bambang Soesatyo (tengah). MI/M Irfan.
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta semua pihak menahan diri menanggapi insiden pembakaran bendera organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Garut, Jawa Barat. Ia meminta tak ada aksi turun ke jalan menanggapi insiden ini.

"Saya mengimbau kepada seluruh elemen bangsa agar bisa menahan diri jangan, agar tidak terjadi perpecahan," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

Baca: Massa Pembela Tauhid akan Mendemo Kemenko Polhukam


Bamsoet meminta publik menyerahkan penanganan kasus ini kepada aparat penegak hukum. Publik diminta tak ikut campur dan memperkeruh suasana.

"Kalau itu sudah diselesaikan oleh penegak hukum maka serahkan kepada proses hukum yang berlaku jadi tugas kita sekarang adalah bagaimana menjaga agar tidak terjadi keretakan bangsa," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta kasus pembakaran bendera HTI di Garut, Jawa Barat tak dipolitisasi. Apalagi dikaitkan dengan organisasi masyarakat tertentu. 

Baca: Polri Imbau Aksi Bela Tauhid Tak Dilakukan

Politikus Partai Keadilan Sejehtera (PKS) itu mengatakan kasus ini murni sepenuhnya ulah oknum Banser. Tak bisa dikait-kaitkan dengan sikap ormas tertentu. 

"Ini urusan ormas sama umat. Jadi mestinya jangan dipolitisasi menjadi urusan politik," kata Hidayat di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 24 Oktober 2018. 



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id