Ilustrasi. Pemantauan hilal. Foto: Branda Antara.
Ilustrasi. Pemantauan hilal. Foto: Branda Antara.

Ketinggian Hilal di Sabang Diprediksi 6,4 Derajat

Nasional hilal hari raya idul fitri BMKG Lebaran 2022
Arga sumantri • 01 Mei 2022 08:52
Jakarta: Besar kemungkinan hilal 1 Syawal 1443 Hijriah akan terlihat sore nanti. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ketinggian hilal sudah di atas tiga derajat di seluruh wilayah Indonesia.
 
"Di sabang (tinggi hilal) 6,4 derajat, kalau Papua 4,8 derajat, wilayah lainnya sekitar 5 derajat. Sangat bisa terlihat potensinya," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono dalam Metro Pagi Primetime, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Berdasarkan data BMKG, umur hilal saat matahari terbenam nanti sekitar 15 jam. Hilal akan sangat terlihat di wilayah Indonesia bagian barat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan data-data pusat, bahwa ketinggian hilal sudah di atas 3 derajat," ujar dia.
 
Baca: BMKG: Hilal Berpotensi Besar Terlihat, Lebaran Diperkirakan 2 Mei
 
Rahmat mengatakan pengamatan hilal bisa saja terkendala faktor cuaca, seperti munculnya awan hujan atau awan tebal. Sebab, hilal merupakan bulan sabit yang sangat kecil atau bulan muda.
 
"Berdasarkan data hisab, ada potensi penampakan hilal. Namun tentunya tergantung cuaca di lokasi pengamatan hilal," ungkap dia.
 
Merujuk data-data yang dikumpulkan BMKG, besar kemungkinan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei. Namun, kepastiannya tetap harus menunggu hasil sidang isbat yang akan dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) sore nanti.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif