Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

Penyiaran Disetop di Beberapa Wilayah, Apa Itu TV Analog?

Nasional Kominfo televisi digital Migrasi Siaran
Sri Yanti Nainggolan • 30 April 2022 10:27
Jakarta: Pemerintah mulai mengimplementasikan penghentian total siaran analog dan digital penuh atau Analog Switch Off (ASO) Tahap I. Penghentian dimulai pada 30 April 2022. 
 
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, menyampaikan penghentian total siaran analog tahap I akan dimulai dari 3 wilayah siaran yang terdiri atas 6 kabupaten dan 2 kota.
 
"Sesuai jadwal yang ditetapkan oleh Kominfo, penghentian tetap layanan siaran analog televisi akan dimulai pada 30 April 2022 pukul 24.00 atau besok malam," kata Johnny dalam Konferensi Pers Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap I di Base Penerbangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Jumat, 29 April 2022.
 
Baca: Siaran TV Digital Menghemat Frekuensi Serta Tumbuh Kembang Konten Kreatif
 

Apa itu TV Analog?

Siaran televisi (TV) analog adalah siaran televisi yang dipancarkan dengan menggunakan variasi voltase dan frekuensi dari sinyal. Dilansir dari situs TV Digital Kominfo, TV analog menggunakan alat penangkap sinyal yang disebut antena untuk mendapat siaran. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem pada siaran TV analog adalah sinyal yang diterima akan melemah dan mengakibatkan gambar yang diterima oleh pesawat TV menjadi buruk dan berbayang jika letak antena makin jauh dari stasiun pemancar TV. 
 
BBC menyebutkan program siaran TV analog di Indonesia adalah program-program yang dipancarkan oleh stasiun swasta nasional yang disiarkan secara gratis atau free-to-air. 
 

Penghentian siaran TV analog di Indonesia

Pemerintah Indonesia mencanangkan untuk mengganti seluruh siaran TV analog dengan siaran TV digital pada 2020. Penggantian ini dilakukan secara bertahap sejak tahun 2012.
 
Pengalihan menuju TV digital ini bertujuan untuk menghemat frekuensi dan berpotensi menambah pendapatan negara. Keuntungan lainnya migrasi ke TV digital adalah membuat kualitas audio dan video menjadi lebih jernih dan tajam.
 
Baca: 3 Tahapan Migrasi ke TV Digital
 
Siaran TV analog secara nasional akan dihentikan pada 2 November 2022. Peralihan siaran TV analog ke siaran TV digital merupakan amanat Undang-undang Cipta Kerja. Pada UU Cipta Kerja, Pasal 72 angka 8 (sisipan Pasal 60A Undang-undang Penyiaran). 
 
Batas akhir tersebut dicapai secara bertahap. Ada tiga tahapan pengakhiran menurut Peraturan Menteri Kominfo No.6 tahun 2021 (yang telah direvisi dengan Peraturan Menteri Kominfo No. 11/2021) tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Tahap pertama, 30 April 2022, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap terakhir 2 November 2022. 
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif