Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3 Tahapan Migrasi ke TV Digital

Nasional Kominfo siaran televisi televisi digital Migrasi Siaran
Kautsar Widya Prabowo • 26 April 2022 09:51
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan tiga tahapan migrasi dari siaran televisi (TV) analog ke digital. Tahapan pertama dimulai pada akhir April 2022.
 
"Itu akan mencakup 56 wilayah siaran untuk mengover 166 kabupaten/kota," ujar Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo Marvels Situmorang dalam diskusi daring bertema 'Sosialisasi Migrasi TV Digital' yang dikutip pada Senin, 25 April 2022.
 
Tahapan kedua, yakni di 31 wilayah siaran yang mengover 110 kabupaten/kota pada 5 Agustus 2022. Terakhir, 25 wilayah layanan yang mengover 65 kabupaten/kota pada 2 November 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kominfo bersama Komisi I juga menyosialisasikan kebijakan analog switch off (ASO) dan penyerahan bantuan set top box (STB). ASO merupakan kebijakan untuk menghentikan bertahap siaran televisi analog dan menggantinya dengan siaran digital.
 
Baca: Kominfo Target Migrasi Siaran Televisi Digital Paling Lambat 2 November 2022
 
Dengan beralih ke siaran digital, masyarakat membantu pemerintah mempercepat transformasi digital. Sementara itu, anggota Komisi I, Dave Laksono, menjelaskan fenomena umum digitalisasi penyiaran. Pertama, terkait maraknya pertumbuhan teknologi, konsep, dan aplikasi baru.
 
"Yang dulunya tidak pernah kita pikirkan sekarang semua sudah berjalan, kemudian muncul platform penyiaran baru, seperti Netflix, video.com, HBO," kata Dave.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif