Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: Medcom/Adam

Wapres Dukung Guru Tua Jadi Pahlawan Nasional

Antara • 07 Januari 2022 09:50
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong tokoh pendiri Alkhairaat Palu, Sulawesi Tengah, Habib Idrus bin Salim Aldjufri atau Guru Tua, menjadi salah satu pahlawan nasional. Dukungan itu disampaikan Wapres saat mendengar paparan Ketua Umum Alkhairaat Habib Ali bin Muhammad Aldjufri tentang kondisi salah satu ormas Islam terbesar di Kawasan Timur Indonesia itu.
 
"Kami mendukung Guru Tua didorong menjadi pahlawan nasional," kata Ma'ruf dilansir dari Antara, Jakarta, Jumat, 7 Januari 2022.
 
Pihak Alkhairaat telah bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) terkait penentuan pahlawan nasional. Namun, pentuan itu terkendala administrasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berkas-berkasnya itu sudah ada, seperti KTP itu bukan masalah lagi, terhitung sejak memulai perjuangannya di Sulawesi Tengah, pada 1930, Guru Tua secara resmi menjadi seorang warga negara Indonesia," kata Sekretaris Jenderal Alkhairaat Ridwan Yalidjama.
 
Rencananya di Kompleks Alkhairaat akan dibangun Monumen Guru Tua setinggi 30 meter. Keberadaan monumen itu akan menjadi penanda napak tilas Sayyid Idrus bin Salim Aldjufri dalam memperjuangkan nilai-nilai pendidikan ilmu agama di Indonesia.
 
Baca:  Mengenal Dewi Sartika, Perintis Pendidikan Kaum Perempuan
 
"Tinggi monumen 30 meter sebagai tanda bahwa Alkhairaat telah ada di sini sejak tahun 1930, dokumen rencana induk sudah ada dan akan segera berproses," ujar Ridwan.
 
Hingga saat ini, Alkhairaat memiliki 50 pondok pesantren, serta 1.700 madrasah di seluruh tingkatan. Total siswa maupun santrinya mencapai 15 ribu orang.
 
"Konsep kami sudah matang mengembangkan pendidikan ilmu agama maupun pengembangan Pondok Pesantren Alkhairaat, dan hal-hal ini kami bahas dalam pertemuan, Wapres menyambut positif rencana kami," tutur Ridwan.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif