Komisi V: Insiden Penerbangan Meningkat Sepanjang 2018

Whisnu Mardiansyah 22 November 2018 11:44 WIB
penerbangan
Komisi V: Insiden Penerbangan Meningkat Sepanjang 2018
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djami Francis - Foto: dokumen DPR.
Jakarta: Komisi V DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Menteri Perhubungan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Salah satu pembahasan rapat terkait evaluasi keselamatan penerbangan nasional. 

Ketua Komisi V DPR RI Fary Djami Francis mencatat sepanjang tahun 2018 jumlah insiden kecelakaan penerbangan baik itu kecelakaan ringan dan berat cenderung meningkat. Dari itu, pihaknya mempertanyakan evaluasi dari Kemenhub. 

"Tren jumlah kecelakaan dari tahun ke tahun, 2016 ke 2018 ini ada peningkatan. Di 2016 itu kurang lebih sekitar 11 kejadian, 2017 15 kejadian, 2018 itu 18 kejadian. Untuk itu maka kita juga minta ke pak menteri dan seluruh jajaran berkaitan dengan bagaimana upaya keseriusan kita dalam rangka menuju ke zero accident," kata Fary di Komisi V Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 22 November 2018.


Komisi V, kata Fary, telah mendapat laporan rekomendasi keselamatan penerbangan dari KNKT selama lima tahun terakhir. Namun, tetap saja insiden-insiden penerbangan masih kerap terjadi. 

(Baca juga: Perketat Pengawasan Aset Manajemen Maskapai)

"Kita minta penjelasan dari pak menteri berkaitan dengan hasil rekomendasi dari KNKT terhadap semua komponen penerbangan kita. Termasuk Kemenhub, maskapai penerbangan, Airnav," ujar dia. 

Fary mengaku ada beberapa rekomendasi dari KNKT yang belum ditindaklanjuti. Ia meminta KNKT kembali menginvestigasi terkait insiden kecelakaan pesawat belakangan. Di samping rekomendasi sebelumnya dapat ditindaklanjuti oleh semua komponen penerbangan.

"Apa saja yang sudah, mana yang belum. Kalau belum, kenapa itu. Karena kita harus serius menindaklanjuti dari hasil rekomendasi KNKT," pungkas dia. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id