Ilustrasi pesawat jatuh/Medcom.id
Ilustrasi pesawat jatuh/Medcom.id

Bermasalah saat Terbang, Pilot Sriwijaya Air SJ182 Disebut Tak Sadar

Anggi Tondi Martaon • 03 November 2022 16:21
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan hasil investigasi kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ182. Salah satunya, masalah yang muncul saat pesawat mengudara dan menyebabkan kecelakaan.
 
"Perubahan (permasalahan) ini tidak disadari pilot," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 3 November 2022.
 
Permasalahan yang dimaksud yaitu perubahan thrust lever (tuas dorong) sebelah kiri menjelang ketinggian 11 ribu kaki. Perubahan tersebut membuat daya mesin pesawat sebelah kiri menjadi berkurang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sementara yang sebelah kanan tidak berkurang," ungkap dia.
 
Kondisi tersebut membuat pesawat tiba-tiba berbelok ke kiri. Sebelumnya, pesawat diarahkan berbelok ke kanan.
 
KNKT tak mengetahui alasan pilot tidak menyadari perubahan thrust lever tersebut. Asumsinya, pilot percaya sistem otomatisasi yang ada di pesawat. 
 

Baca: Kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, Baru 35 Ahli Waris Dapat Santunan


"Kalau pesawat sudah di-set arah tertentu ketinggian tertentu sesuai apa yang telah diset. Kemudian auto-throttle akan mengatur sesuai permintaan autopilot," ujar dia.
 
Pilot juga diasumsikan salah mengambil langkah antisipasi menyikapi kondisi pesawat yang sudah miring ke kiri. Berdasarkan data flight recorder, pilot justru membelokkan kemudi pesawat ke arah kiri. 
 
"Kurangnya monitor tadi berakibat pada upaya pemulihan yang dilakukan pilot tidak sesuai. Flight data recorder mencatat bahwa empat detik pertama pemulihan yang dilakukan adalah membelokkan pesawat ke kiri. Sementara pesawat sedang berlebih ke kiri," ujar dia.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif