Jasa Marga sediakan hand sanitizer di berbagai lokasi rest area. Jasa Marga
Jasa Marga sediakan hand sanitizer di berbagai lokasi rest area. Jasa Marga

Masyarakat Diminta Bijak Menggunakan Hand Sanitizer

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 30 Maret 2020 11:40
Jakarta: Masyarakat diminta bijak menggunakan hand sanitizer. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.
 
"Harus hati-hati karena mengandung bahan mudah terbakar utamanya yang merokok atau bekerja di dapur," kata Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan virus korona (covid-19) Wiku Adisasmito di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Selasa 30 Maret 2020.
 
Wiku juga menyoroti banyaknya masyarakat yang membuat sendiri hand sanitizer. Menurut dia, kalaupun ingin membuat sendiri, masyarakat harus menggunakan bahan-bahan yang aman,

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahan-bahan yang dibutuhkan, terang dia, yakni etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril.Bahan-bahanhand sanitizeritu sudah sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Baca: Karantina Wilayah DKI Tunggu Izin Pemerintah Pusat
 
Masyarakat Diminta Bijak Menggunakan <i>Hand Sanitizer</i>
Ilustrasi Medcom.id
 
Dia juga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan disinfektan dalam mencegah penyebaran virus korona. Hanya saja, kata Wiku, disinfektan disemprotkan pada area publik seperti transportasi, pasar, tempat ibadah, dan sekolah. Sama halnya dengan hand sanitizer, penyemprotan disinfektan juga tidak boleh berlebihan.
 
"Tidak dianjurkan secara berlebihan seperti fogging karena bisa iritasi kulit dan gangguan pernapasan," kata dia.
 
Meski begitu, Wiku tetap menyarankan masyarakat mencuci tangan dengan sabun dan tidak menyentuh wajah. Hal tersebut dinilai lebih efektif ketimbang menggunakan hand sanitizer dan disinfektan.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif