Booth MEC dapat ditemui pada pameran pendidikan WPG Expo 2018 di JCC, 12-13 Mei (Foto:Anggi Tondi Martaon)
Booth MEC dapat ditemui pada pameran pendidikan WPG Expo 2018 di JCC, 12-13 Mei (Foto:Anggi Tondi Martaon)

Kunjungi WPG Expo 2018 dan Cari Tahu Keunggulan Kuliah di Irlandia

Nasional pameran pendidikan
Anggi Tondi Martaon • 08 Mei 2018 08:01
Jakarta: Pameran pendidikan World Post Graduate (WPG) Expo kembali digelar tahun ini. Acara yang diadakan oleh MSW Global itu akan menghadirkan 50 universitas dari berbagai belahan dunia.
 
Pameran yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-13 Mei 2018, merupakan kegiatan kedua yang digelar. Menurut Operational Director MSW Global Anastasya Sri, antusiasme masyarakat, khususnya pelajar Indonesia, dalam mengikuti pameran pertama yang diadakan tahun 2017 cukup tinggi.
 
"Tahun kemarin WPG ini sukses banget dan itu memotivasi untuk menyelenggarakan lagi," kata Anastasya, saat konferensi pers WPG Expo Tahun 2018 di Merak Room JCC, Jakarta, Senin, 7 Mei.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anastasya mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya WPG Expo 2018 ialah untuk membantu pelajar Indonesia memilih tempat melanjutkan pendidikan, khususnya di luar negeri. Mereka akan mendapatkan referensi sesuai minat dan biaya yang dianggarkan.
 
"Kita mau membantu mahasiswa supaya tidak bingung masalah pendidikan mereka, dari universitas mana yang biayanya sesuai dengan kantong mereka, program mahasiswa dari pemerintah atau bahkan program pendanaan," ujar dia.
 
Dalam pameran pendidikan tersebut akan diikuti 15 negara. Salah satunya, Republik Irlandia. Irlandia menjadi salah satu negara tujuan pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan.
 
Commercial Officer of Ireland Miranda Hough, mengatakan, peminat pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan ke Irlandia meningkat 100 persen pada tahun ini.
 
"Tahun lalu 20 (mahasiswa Indonesia), sedangkan tahun ini sudah 40 (mahasiswa Indonesia). Banyak yang belum mengetahui karena kita Kedubes baru 4 tahun," kata Miranda.
 
Miranda menyebutkan, ada beberapa keunggulan berkuliah di Republik Irlandia. Pertama, dari segi biaya hidup selama menjalani pendidikan. Biaya hidup di Irlandia bergantung pola hidup dan tempat tinggal. Dia mencontohkan, jika mahasiswa tinggal di Dublin, Ibu Kota Republik Irlandia, maka biaya hidup dalam setahun mencapai 5.000-11.000 euro.
 
"Tapi itu bergantung mahasiswa itu sendiri. Kalau dia makannya fast food pasti akan lebih mahal. Kalau di luar kota Dublin, satu bulan itu kira-kira 200 euro," ungkapnya.
 
Kunjungi WPG Expo 2018 dan Cari Tahu Keunggulan Kuliah di Irlandia
(Foto:Anggi Tondi Martaon)
 
Tak hanya itu, keunggulan lain melanjutkan pendidikan di Irlandia yaitu para mahasiswa, khususnya berasal dari Indonesia diperbolehkan kerja paruh waktu selama menjalani masa studi. Miranda menyebutkan, perguruan tinggi di Irlandia akan memberikan daftar perusahaan yang nantinya bisa dipilih sesuai dengan bidang masing-masing.
 
"Universitas dan institut sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan di sana, seperti Google, Facebook, LinkedIn, dan Twitter. Itu kan cukup bergengsi untuk mahasiswa internasional. Jadi mereka diperbolehkan kerja part time selama kuliah," sebut dia.
 
Miranda menyebutkan, gaji kerja paruh waktu di Irlandia digaji sekitar 9 euro per jam. Nilai tersebut dianggap cukup menambah pemasukan selama menjalankan pendidikan.
 
Selain itu, Miranda juga menyebutkan perguruan tinggi di Irlandia juga menyediakan beberapa program beasiswa. Di antaranya, memberikan 50 persen potongan biaya kuliah.
 
"Ada juga beasiswa berupa akomodasi. Jadi mahasiswa itu diberikan fasilitas tempat tinggal selam dia kuliah," ujar dia.
 
Penasaran dengan berbagai keunggulan kuliah di Irlandia? Anda bisa langsung berkunjung ke booth MEC pada pameran pendidikan WPG Expo 2018 di JCC, 12-13 Mei. Tak perlu khawatir, pameran yang dibuka untuk umum itu tidak dipungut biaya.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif