Umat melakukan ritual doa di Vihara Nimmala Boen San Bio, Kota Tangerang. Medcom.id/Hendrik
Umat melakukan ritual doa di Vihara Nimmala Boen San Bio, Kota Tangerang. Medcom.id/Hendrik

Populer Nasional: Ribuan Umat Diprediksi Padati Vihara hingga Sidang Kasus Mutilasi di Mimika

Eko Nordiansyah • 22 Januari 2023 07:42
Jakarta: Pemberitaan mengenai ribuan umat diprediksi dapati vihara saat perayaan Imlek menjadi yang terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id sepanjang Sabtu, 21 Januari 2023. Selain itu, ada pemberitaan soal tanggapan Komnas HAM terkait sidang kasus mutilasi di Mimika.

Berikut tiga berita terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

Ribuan Umat Diprediksi Padati Vihara Nimmala Boen San Bio Kota Tangerang

Ribuan umat diprediksi akan mengunjungi Vihara Nimmala Boen San Bio, Kota Tangerang pada malam Tahun Baru Imlek 2574. Nantinya, umat yang akan beribadah itu tidak hanya datang dari Kota Tangerang, melainkan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi).
 
"Dari sore sudah banyak umat datang dan itu tidak monoton. Diprediksi akan didatangi lebih dari seribu orang, baik dari Jabodetabek bahkan Jawa Barat," ujar Ketua Umum Yayasan Vihara Nimmala Boen San Bio, Yuliyu, Sabtu, 21 Januari 2023.
 
Menurut Yuliyu, perayaan Tahun Baru Imlek ini akan berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dilonggarkan.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Baca juga: Amankan Perayaan Imlek, Polda Metro Lakukan Sterilisasi pada Vihara Besar

Komnas HAM: Sidang Kasus Mutilasi di Mimika Kurang Transparan

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengkritisi sidang kasus mutilasi empat warga yang melibatkan anggota Brigif R/20/IJK/3 di Kabupaten Mimika, Papua. Dari laporan pemantauan yang digelar dalam tiga persidangan terpisah di PM III-19 Jayapura pada 10, 19, dan 20 Januari 2023, sidang disebut kurang transparan.
 
Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro menyampaikan sidang itu dihadiri dan diikuti keluarga korban serta masyarakat secara langsung dengan pengamanan dari kepolisian dan TNI. Namun, proses persidangan tidak berjalan efektif.
 
"Jadwal sidang yang tidak jelas dan kurang transparan. Tidak sesuai dengan jadwal yang tertera di laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP)," tutur Atnike, Jakarta, Sabtu, 21 Januari 2023.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Baca juga: Kejagung Tindaklanjuti Arahan Presiden Soal HAM Berat

Infrastruktur Garapan Jokowi Dinilai Mendorong Kemajuan Ekonomi Nasional

Presiden Joko Widodo dinilai telah memajukan Indonesia melalui pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Sektor lain yang paling nampak kemajuannya adalah peningkatan ekonomi nasional.
 
Wakil Bupati Pamekasan, Fatah Jasin, melihat realisasi pembangunan sangat masif selama Jokowi memimpin.
 
"Di bidang infrastruktur misalnya, ada jalan tol, bandara, pelabuhan, semua akses infrastruktur diperbaiki Pak Jokowi di seluruh Indonesia,” kata Fatah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Sabtu, 21 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya baca di sini
 
Artikel mengenai perkembangan perayaan Imlek tahun ini hingga perkembangan sidang kasus mutilasi di Mimika di Kanal Nasional Medcom.id terus diperbarui. Klik di sini untuk mengikuti perkembangan informasinya.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif