Ilustrasi Universitas Trisakti/Istimewa
Ilustrasi Universitas Trisakti/Istimewa

Menapak Tilas Kronologi Tragedi Trisakti 12 Mei 1998

Nasional sejarah Universitas Trisakti
Rendy Renuki H • 12 Mei 2022 14:26
Jakarta: Tragedi saat kerusuhan 12 Mei 1998 menjadi salah satu sejarah kelam Indonesia. Tragedi tersebut kini dikenal sebagai Tragedi Trisakti.
 
Empat mahasiswa Universitas Trisakti terpaksa menjadi korban peristiwa hari itu. Mereka yang gugur adalah Elang Mulia Lesmana, Heri Hertanto, Hafidin Royan, dan Hendriawan Sie. 
 
Mereka tewas tertembak di halaman kampus yang terletak di Grogol, Jakarta Barat. Padahal awalnya para mahasiswa dilaporkan melakukan aksi damai di depan kampus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka tewas setelah dihantam peluru tajam di tempat-tempat vital seperti kepala, tenggorokan, dan dada. Namun, pihak aparat keamanan membantah telah menggunakan peluru tajam.
 
Meski hasil otopsi menunjukkan kematian empat mahasiswa itu disebabkan peluru tajam. Hasil sementara diprediksi peluru tersebut hasil pantulan dari tanah peluru tajam untuk tembakan peringatan.
 
Seperti diketahui, aksi mahasiswa 12 Mei 1998 itu dilatarbelakangi beberapa faktor. Seperti krisis ekonomi, politik, hingga berujung tuntutan kepada Presiden RI kala itu, Soeharto, untuk mundur.
 
 
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif