Influencer sekaligus YouTuber Erdian Aji Prihartanto alias Anji. MI
Influencer sekaligus YouTuber Erdian Aji Prihartanto alias Anji. MI

Anji Disarankan Melapor ke Dewan Pers

Nasional Virus Korona Hadi Pranoto
Fachri Audhia Hafiez • 13 Agustus 2020 13:15
Jakarta: Musisi sekaligus YouTuber, Erdian Aji Prihartanto (Anji), disarankan melapor ke Dewan Pers jika dirugikan terkait konten wawancara dengan Hadi Pranoto, pembuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi dan bisa melawan covid-19. Pasalnya, Anji mengeklaim pemberitaan di media massa menjadi dasar untuk mewawancarai Hadi.
 
"Kalau Anji merasa dirugikan dan bisa saja melaporkan itu ke Dewan Pers. Nanti diperiksa apakah ada pelanggaran oleh media itu," kata Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Abdul Manan saat berbincang dengan Medcom.id, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Abdul mengatakan klaim Anji soal kebenaran informasi yang diperoleh dari media massa bisa menjadi dasar pelaporan. Sebab, ada dugaan ketidakakuratan media massa dalam menyampaikan informasi soal Hadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Artinya ada kontribusi juga media tidak akurat menulis informasi itu," ucap Abdul.
 
Kasus tersebut, lanjut dia, mestinya menjadi pembelajaran bagi media lokal maupun nasional dalam memuat informasi. Skeptisisme diperlukan meski dari narasumber yang dipercayai sekalipun.
 
Latar belakang narasumber terkait kompetensi, pendidikan, gelar yang diperoleh atau penelitian yang diklaim pernah ditempuh juga perlu ditelusuri. Artinya, tidak menelan mentah-mentah klaim narasumber.
 
"Verifikasi yang kita lakukan itu adalah misalnya kita menguji kebenaran informasi kalau benar sudah menemukan obat. Nah obat seperti apa resepnya? Sudah diuji sesama para peneliti yang lain atau belum? Ini untuk memastikan bahwa informasi ini sesuai klaim dia (narasumber)," jelas Abdul.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif