Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Wahyu Putro A
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Antara/Wahyu Putro A

Kalla: Jumlah Paten Berkaitan Kemajuan Bangsa

Nasional jusuf kalla industri kreatif
Dheri Agriesta • 26 April 2018 14:21
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mendorong masyarakat berinovasi di berbagai bidang, seperti akademik dan kebudayaan. Karena, jumlah paten yang didaftarkan berkaitan dengan kemajuan sebuah bangsa.
 
"Salah satu indikasi kemajuan suatu bangsa selalu terkorelasi juga banyaknya paten yang didaftarkan masyarakatnya," kata Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 26 April 2018.
 
Kalla mengatakan, paten yang didaftarkan penduduk Indonesia cukup banyak. Meskipun, jumlah paten masih belum seimbang dengan jumlah penduduk yang mencapai 250 juta jiwa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Pemerintah Memberikan Penghargaan Kekayaan Intelektual
 
Karena itu, pemerintah pun mendorong masyarakat terus berinovasi dengan memberikan penghargaan kekayaan intelektual. Langkah ini diharapkan mendorong semangat inovasi masyarakat dan generasi muda.
 
"Saya juga tadi memberikan penghargaan kepada generasi muda, walaupun masih SMP, masih kecil, tapi sudah mempunyai bakat dan kemampuan berinovasi," kata Kalla.
 
Kalla juga mengingatkan pentingnya mendaftarkan paten sebuah temuan dan karya. Karena, karya atau temuan itu rentan ditiru pihak lain.
 
"Dengan mendaftarkannya secara internasional itu dapat dijaga penemuan dan juga kekayaan alam yang seperti itu," tegas Kalla.
 
Baca juga: DJKI: 65 Produk Indikasi Geografis Terdaftar di Indonesia
 
Dalam memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18, pemerintah memberi penghargaan kepada sejumlah insan dan perusahaan. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.
 
Pemerintah mengusung tema 'Generasi Indonesia yang Inovatif, Kreatif, dan Berkarakter'. Tema ini menunjukkan Indonesia menyadari perkembangan ekonomi global berbasis pengetahuan dan inovasi sebagai sarana mempermudah kehidupan manusia.
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif