Pemerintah Memberikan Penghargaan Kekayaan Intelektual

Dheri Agriesta 26 April 2018 12:07 WIB
jusuf kallaindustri kreatif
Pemerintah Memberikan Penghargaan Kekayaan Intelektual
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Jakarta: Memperingati Hari Kekayaan Intelektual Sedunia ke-18, pemerintah memberikan penghargaan kepada sejumlah insan dan perusahaan. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pemerintah mengusung tema 'Generasi Indonesia yang Inovatif, Kreatif, dan Berkarakter'. Tema ini menunjukkan Indonesia menyadari perkembangan ekonomi global berbasis pengetahuan dan inovasi sebagai sarana mempermudah kehidupan manusia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, sebuah negara tak bisa lepas dari inovasi dan kreativitas.


"Tanpa inovasi dan kerja keras, tidak mungkin kita capai suatu masyarakat yang maju seperti ini," kata Kalla saat memberikan sambutan di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 26 April 2018.

Kalla menyebut, pemerintah harus mengambil sikap agar masyarakat terus berinovasi. Salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada masyarakat yang inovatif.

"Apabila tidak mendapatkan penghargaan, tentu minat orang berinovasi jadi menurun," tambah Kalla.

Baca juga: Makerfest, Bentuk Pengusaha Kecil Jadi Brand Mancanegara

Penghargaan itu di antaranya, WIPO Medal for Investors diberikan kepada Raymond Rubianto Tjandrawinata. Raymond merupakan inventor yang meneliti dan mengembangkan obat-obatan berbasis sumber daya alam Indonesia, seperti tanaman herbal, hewan, dan tanah.

WIPO Medal for Creativity diberikan kepada Dwiki Dharmawan. Dwiki terkenal aktif di dunia musik dan kerap memperjuangkan penegakan hukum hak kekayaan intelektual, khususnya di bidang musik. Sedangkan, WIPO IP Enterprise Trophy diberikan kepada PT Pertamina (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dinilai sangat mendukung pekerjanya untuk berinovasi.

WIPO Schoolchildren's Trophy diberikan kepada Muhammad Farid Husein, pemenang lomba desain medali untuk Youth Olympic 2018 yang diselenggarakan di Argentina pada Oktober 2018. Anugerah Nasional Kekayaan Intelektual kategori siswa inovatif di bidang hak cipta dan hak terkait diberikan kepada Marvel Gracia. Marvel memiliki segudang prestasi di bidang tari dan mendapatkan penghargaan nasional serta internasional.

Sedangkan piagam penghargan kategori pendaftaran pertama permohonan merek internasional melalui Madrid Protocol diberikan kepada PT Indah Golden Signature, piagam penghargaan insan seni sadar kekayaan intelektual diberikan kepada Rossa, dan piagam penghargaan industri dengan inovasi berbasis bahan alam Indonesia diberikan kepada PT Martina Berto.

Terakhir, sertifikat indikasi geografis diserahkan kepada beras raja uncak dari Kalimantan Barat, kopi lintong dari Sumatera Utara, dan kopi arabica Flores Manggarai dari Nusa Tenggara Timur.

 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id