Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda. Foto Medcom.id/Nur Azizah.
Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda. Foto Medcom.id/Nur Azizah.

Anies Ancam Kepala Dinas Penakut

Nasional pemprov dki
Nur Azizah • 06 Desember 2018 14:10
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyayangkan banyak kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang takut mengambil keputusan. Dia menyebut, sikap itu sudah terjadi bertahun-tahun, bukan satu atau dua tahun belakangan.
 
"Itu sudah bergenerasi. Jadi itu sudah menjadi tradisi, bukan sesuatu yang baru," kata Anies di Kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 6 Desember 2018.
 
Anies menuturkan, produk kebijakan akhirnya dilimpahkan kepada gubernur. Padahal, kebijakan tersebut bisa diatasi oleh kepala bidang atau kepala dinas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini terlihat dari lalu lintas dokumen selama satu tahun ini semuanya tersentral di gubernur. Jadi keputusan itu semua naik ke atas," ungkapnya.
 
Baca: SKPD DKI Dinilai Penakut
 
Mantan Mendikbud ini pun mengancam menurunkan penilaian SKPD yang takut-takut mengambil keputusan. Sebaliknya, akan memberikan nilai tambah bagi SKPD yang berani mengambil langkah.
 
"Penataan pada kewenangannya dan diatur untuk insentif dan disinsentif mengambil keputusan," katanya.
 
Sebelumnya, Anies mengeluhkan banyaknya SKPD yang takut mengambil keputusan. Alhasil, banyak kegiatan yang tidak terlaksana. Namun, Anies enggan menyebutkan SKPD mana yang tak berani ambil keputusan itu.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif