Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Djarot Sebut Anggaran Siluman DKI Bukan Kesalahan Sistem

Nasional apbd kisruh apbd dki
Arga sumantri • 31 Oktober 2019 14:03
Jakarta: Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut anggaran siluman di Kebijakan Umum Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) bukan kesalahan sistem. Djarot menilai kesalahan terletak pada sumber daya manusia (SDM).
 
"Kalau menurut saya sih yang salah ya yang input, yang me-input inilah yang harus dievaluasi," kata Djarot di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2019.
 
Djarot mengaku heran dengan pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menyebut keanehan anggaran di KUA-PPAS disebabkan sistem. Djarot mempertanyakan letak kesalahan sistem yang dimaksud Anies.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang bodoh itu bukan sistemnya, tapi kita-kita SDM nya yang input. Kita bisa sempurnakan sistem itu sebenarnya," ucap Djarot.
 
Djarot menyebut bila sistem bermasalah, tugas Pemprov DKI ialah segera memperbaikinya. Pemprov tak bisa menjadikan sistem sebagai kambing hitam persoalan dugaan anggaran siluman.
 
"Tugasnya Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan) dong untuk benerin," kata Djarot.
 
Sebelumnya, Anies Baswedan mengaku ada keanehan dalam KUA-PPAS Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020. Penyebabnya, sistem tidak terverifikasi.
 
"Ini ada problem sistem yaitu sistem digital, sistemnya digital tapi tidak smart," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif