Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Barang Bukti Milik Perekam Video Pengancam Presiden Disita

Nasional ujaran kebencian kasus makar
Siti Yona Hukmana • 15 Mei 2019 16:10
Jakarta: Penyidik Polda Metro Jaya menyita sejumlah barang bukti milik Ina Yuniarti (IY), perempuan perekam dan penyebar video pengancam Presiden Joko Widodo. IY ditangkap di Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 15 Mei 2019.
 
"Ada beberapa barang bukti yang disita, salah satunya kacamata hitam," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Selain kacamata hitam, polisi juga menyita satu unit iPhone 5s, masker hitam, cincin, kerudung warna biru. Selembar baju warna putih dan tas warna kuning. Sejumlah barang bukti itu digunakan IY saat merekam video yang akhirnya viral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang bersangkutan mengakui bahwa dia adalah yang ada di video tersebut," aku Argo.
 
Video itu viral di media sosial Twitter. Dalam video itu, memperlihatkan Hermawan Susanto (HS) mengancam Jokowi. Ancaman dilontarkan Hermawan saat mengikuti demo di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Jumat, 10 Mei 2018 lalu.
 
Baca: Motif Pemuda Pengancam Jokowi
 
Dalam video tersebut, IY tampak memegang ponsel dengan mode video blog (vlog) dan mengarahkan kameranya ke Hermawan. IY terlihat mengenakan kerudung berwarna biru dan kacamata hitam.
 
Dalam video itu Hermawan berteriak mengancam Jokowi. Dalam video dia menyebut: 'Siap penggal kepalanya Jokowi, Insyaallah Allahu Akbar. Siap penggal kepalanya Jokowi. Jokowi siap lehernya kita penggal dari Poso, demi Allah'.
 
Hermawan telah ditahan pada Selasa, 14 Mei 2019 selama 20 hari ke depan. Dia terancam pasal berlapis.
 
Yakni Pasal 104 KUHP tentang tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan Pasal 27 ayat 4 junto Pasal 45 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 19 Tahun 2016 perubahan atas Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE. Diancam pidana mati atau penjara seumur hidup atau penjara paling lama 20 tahun.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif