Drainase Vertikal Harus Dibarengi Normalisasi Sungai

Sunnaholomi Halakrispen 29 November 2018 16:00 WIB
banjir jakarta
Drainase Vertikal Harus Dibarengi Normalisasi Sungai
Ilustrasi banjir - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Pengamat Tata Kota Astrid Sri Haryati menyebut pembangunan drainase vertikal yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus dilakukan dengan strategi yang benar. Agar pengurangan banjir efektif. 

"Sumur resapan apabila ditaruh di lokasi yang tepat, terutama daerah yang padat tetapi juga disesuaikan dengan kondisi hidrologi dan ketinggian air tanah, bisa menjadi strategi yang efektif untuk kurangi banjir dan subsidence (peresapan)," ujar Astrid saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 29 November 2018.

Astrid menyebut jumlah titik resapan atau luas sumur resapan pada lokasi yang ditentukan juga bergantung pada besarnya genangan yang harus dimitigasi. Salah satu cara untuk menentukan titik lokasi yang layak untuk dibuat drainase vertikal ialah dengan menguji secara langsung di sejumlah lokasi.


Uji coba ini, lanjut dia, disesuaikan dengan kondisi kota, kepadatan, genangan, pola tanah, tata ruang, serta memerhatikan seberapa darurat mitigasi yang diperlukan.

(Baca juga: Pemprov DKI Lambat Antisipasi Banjir)

"Perlu diperhatikan juga strategi ini harus didampingi normalisasi sungai karena banyak titik kepadatan yang air tanahnya tinggi. Ini bisa menjadikan sumur resapan tak efektif," tutur dia. 

Astrid menyebut, bila uji coba diterapkan di lokasi yang tidak layak, maka akan mengubah pola pergerakan air tanah di daerah tersebut. Tapi, bisa diatasi dengan menutup kembali drainase vertikal. 

Anies menyatakan Pemprov DKI Jakarta telah menguji coba drainase vertikal pada Kamis, 22 November 2018 lalu. Namun, ia belum memublikasikan hasil uji coba tersebut. 

Rencananya sebanyak 1.383 drainase vertikal akan dibangun pada 2019. Drainase vertikal yang digagas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu rencananya dibangun di empat wilayah, yakni Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat.

(Baca juga: Drainase Vertikal Hanya Menangkal Banjir Tertentu)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id