NEWSTICKER
Kepala Puskesmas Kelurahan Bidara Cina III Helmy Sumurung. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Kepala Puskesmas Kelurahan Bidara Cina III Helmy Sumurung. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

90 Persen Peralatan Medis Puskesmas Bidara Cina Rusak

Nasional banjir jakarta
Zaenal Arifin • 07 Januari 2020 02:45
Jakarta: Peralatan medis Puskesmas Kelurahan Bidara Cina III, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur rusak 90 persen. Peralatan medis itu rusak akibat puskesmas terendam banjir.
 
"Jangan tanya berapa yang rusak, tanya berapa yang tersisa, karena hampir 90 persen barang-barang rusak, termasuk Dental Unit (kursi pasien gigi) rusak terendam," kata Kepala Puskesmas Kelurahan Bidara Cina III Helmy Sumurung di Jatinegara, Senin, 6 Januari 2020.
 
Helmy mengungkapkan, barang-barang inventaris puskesmas yang terselamatkan hanya tinggal beberapa. Di antaranya pendingin ruangan, jam dinding, dan satu unit komputer.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Persediaan obat-obatan di puskesmas tersebut juga ikut rusak. Akibatnya, pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak bisa dilakukan hingga Senin, 6 Januari 2020.
 
"Obat-obatan ada yang bisa terselamatkan. Obat yang baru drop untuk pengadaan tahun 2020. Kalau untuk obat-obatan sekitar 80 persen yang terimbas," ujarnya.
 
Helmy menuturkan pelayanan medis bagi warga untuk sementara dialihkan ke Puskesmas Bidara Cina I dan II, kantor Kelurahan Bidara Cina. Adapun Puskesmas Bidara Cina III baru akan memulai beroperasi kembali pada Selasa, 7 Januari 2020.
 
"Besok baru bisa buka, karena sore ini baru akan datang obat-obatan dan barang-barang pengganti," jelas Helmy.
 
Helmy mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan surat pernyataan kepada Puskesmas Kecamatan Jatinegara untuk meminta penggantian obat-obatan dan peralatan kesehatan akibat terdampak banjir. Namun begitu, tidak semua pelayanan akan mulai beroperasi pada hari ini.
 
"Pelayanan seperti gigi, (Kartu Identitas Anak) KIA, vaksin, itu belum bisa, ditambah dengan rujukan juga, karena printer rusak," tambahnya.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif