Anggota Komisi E DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Merry Hotma. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Anggota Komisi E DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Merry Hotma. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Anak Buah Anies Terima Gaji Selangit

Nasional tim gubernur anies-sandi
Ilham Pratama Putra • 09 Desember 2019 15:00
Jakarta: Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Achmad Haryadi mendapat rangkap gaji. Dia juga menjadi dewan pengawas di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta.
 
"Dewan pengawas buat operasional sama gaji, Rp25-Rp28 juta sebulan. Kalau di TGUPP berapa saya kurang tahu," beber anggota Komisi E DPRD DKI Fraksi PDI Perjuangan Merry Hotma di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.
 
Merry menuturkan, lima dewan pengawas mengawasi tujuh RSUD di DKI Jakarta. Mereka masing-masing terdiri dari tiga profesional dan dua dari Dinas Kesehatan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia heran anggota TGUPP rangkap jabatan sebagai dewan pengawas. "Bagi kami adalah, kenapa ada sumber daya manusia dari TGUPP yang ada dalam dewan pengawas," kata dia.
 
Merry menegaskan rangkap jabatan membuat kinerja dewan pengawas tidak efektif. Pasalnya, ada kepentingan ketika melakukan tugas dan fungsi masing-masing jabatan.
 
"Dengan dia ada di double job, ada di sistem pemerintahan dia pelaksana percepatan, tapi juga mengawas, itu menjadi tidak fair dan masuk conflict of interset di situ. Pantesan saja selama ini enggak ada terobosan yang strategis dari TGUPP," tegas Merry.
 
Komisi E DPRD DKI Jakarta membongkar rangkap jabatan Achmad Haryadi sebagai Dewan Pengawas RSUD dan TGUPP. Ini bermula saat rapat antara Komisi E dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.
 
Rapat membahas anggaran Rp211 juta buat gaji dan operasional anggota Dewan pengawas. Ada lima Dewas masing masing tiga orang profesional dan dua dari Dinas Kesehatan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah.
 
Komisi E menemukan nama Achmad Haryadi dalam daftar Dewas. Dia menjadi Dewas sejak 2016 kemudian diangkat menjadi anggota TGUPP pada 2018.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif