Anggota Komisi E DPRD DKI, Fraksi PDI Perjuangan, Merry Hotma. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Anggota Komisi E DPRD DKI, Fraksi PDI Perjuangan, Merry Hotma. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

DPRD DKI Dalami Rangkap Jabatan Dewas RSUD di TGUPP

Nasional tim gubernur anies-sandi
Ilham Pratama Putra • 09 Desember 2019 14:43
Jakarta: Komisi E DPRD DKI Jakarta mendalamidugaan rangkap jabatan anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), Achmad Haryadi. Achmad rangkap jabatan sebagai dewan pengawas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).
 
"Perlu kami dalami karena itu menyangkut masyarakat banyak atau anggaran yang enggak masuk akal. Mungkin Januari, Februari, atau Maret akan diproses," ujar anggota Komisi E DPRD DKI, Fraksi PDI Perjuangan, Merry Hotma di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin, 9 Desember 2019.
 
Merry menegaskan rangkap jabatan tidak boleh terjadi. Hal itu membuat kinerja seseorang tidak efektif dan tidak sesuai tugas dan fungsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harusnya ditarik dong, Bos. Jadi kalau memilih dewas, dia yang di-manage oleh TGUPP, dengan fair dia memberikan dirinya di-manage. Ketika dia TGUPP dia lepas dewas, dia yang akan membantu gubernur mengawas mengontrol, kan gitu," papar dia.
 
Merry menyebut rangkap jabatan memicu konflik kepentingan. Hal ini bisa membuat pekerjaan seseorang tidak fokus.
 
"Ini kan keren temanya TGUPP. Percepatan kan? Gimana dia mau cepat, kakinya dua. Dua (jabatan) yang berbeda," kata dia.
 
Komisi E DPRD DKI Jakarta membongkar rangkap jabatan Achmad Haryadi sebagai Dewan Pengawas RSUD dan TGUPP. Ini bermula saat rapat antara Komisi E dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Minggu, 8 Desember 2019.
 
Rapat membahas anggaran Rp211 juta buat gaji dan operasional anggota dewan pengawas. Ada lima dewas masing-masing tiga orang profesional dan dua dari Dinas Kesehatan dan Badan Pengelola Keuangan Daerah.
 
Komisi E menemukan nama Achmad Haryadi dalam daftar dewas. Dia menjadi dewas sejak 2016 kemudian diangkat menjadi anggota TGUPP pada 2018.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif