Ilustrasi ruang terbuka hijau. Foto: MI/Pius Erlangga
Ilustrasi ruang terbuka hijau. Foto: MI/Pius Erlangga

Pemprov DKI Ingin Swasta Sumbang Ruang Hijau Vertikal

Nasional ruang terbuka hijau rptra Taman Maju Bersama
Sri Yanti Nainggolan • 17 Oktober 2019 19:13
Jakarta: Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati berharap semua pihak terlibat mewujudkan program 30 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta pada 2030. Saat ini, RTH di Jakarta baru mencapai 9,9 persen.
 
"Kita harus mendorong memang adanya keterlibatan dari peran swasta yang harus melakukan, mengadakan, menyediakan RTH sebanyak 10 persen," kata Suzi dalam acara media update di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 17 Oktober 2019.
 
Suzi menjelaskan kerja sama dengan pihak swasta dan pemerintah pusat sejalan dengan keinginan Gubernur Anies Baswedan yang menjunjung kolaborasi dalam membangun Jakarta. Dinas Kehutanan menargetkan membangun RTH seluas 23 hektare per tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu cara mencapainya melalui pembangunan taman yang merupakan ruang hijau (RH). "Oleh sebab itu, kita akan mengubah bukan jadi ruang terbuka hijau tetapi menjadi ruang hijau," tutur dia.
 
Ruang hijau ialah ruang terbuka yang tak hanya terkait luasan lahan, tetapi perluasan material. Mengingat pengadaan atau pembebasan lahan untuk ruang hijau sangat sulit dilakukan di Jakarta saat ini.
 
Pemprov DKI akan meningkatkan pembuatan green garden, vertical garden, dan roof garden tahun depan. Suzi berharap pihak swasta turut mewujudkan konsep tersebut.
 
"Untuk (gedung) yang belum dibangun. Misalnya, kita mendorong swasta untuk membuat vertical garden. Banyak kawasan swasta yang sudah menerapkan ramah lingkungan," papar dia.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif