Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus Betawi) Abraham 'Lulung' Lunggana. ANT/Rossa Panggabean.
Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus Betawi) Abraham 'Lulung' Lunggana. ANT/Rossa Panggabean.

Lulung Santai Bamus DKI Tak Dapat Dana Hibah

Nasional kisruh apbd dki
Nur Azizah • 26 Desember 2019 12:19
Jakarta: Ketua Umum Badan Musyawarah (Bamus Betawi) Abraham 'Lulung' Lunggana legawa tak mendapatkan alokasi dana hibah dalam APBD DKI 2020. Lulung paham anggaran DKI sedang defisit.
 
"Tadi saya sudah ketemu Pak Sekda (Saefullah), saya bilang siap tidak menerima hibah tahun ini dan saya siap dengan uang saya dan teman-teman saya," kata Lulung di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 26 Desember 2019.
 
Lulung menegaskan Bamus Betawi tak akan mati tanpa bantuan DKI. Ia menjamin program tahunan seperti Festival Betawi akan tetap terselanggara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kita tidak pernah mau berhenti menjalankan program sesuai Perda Nomor 4 Tahun 2015, artinya di situ juga ada kelestarian budaya Betawi kemudian ada Pergub Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Festival Seni Budaya sepanjang tahun," tegas dia.
 
Anggota DPR dari Fraksi PAN ini mengaku Bamus selalu mendapat jatah dana hibah. Jumlah dana yang diberikan bervariasi setiap tahun.
 
"Pertama kali itu dapat Rp200 juta, terus Rp500 juta, tahun ini Rp5 miliar," ucap dia.
 
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta mengusulkan agar hibah untuk Kodam Jaya dan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi masuk APBD. Namun DPRD menolak karena usulan tidak dibahas dalam rencana Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).
 
Semula, hibah untuk Kodam Jaya senilai Rp55,2 miliar, sedangkan hibah Bamus Betawi sebesar Rp6 miliar. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi memastikan apakah rencana itu dibahas di Komisi A atau komisi lain.
 
"Tidak ada ketua. Tidak ada pembahasan dana hibah di Komis A. Kalau dana partai ada," kata anggota Komisi A Mujiyono saat rapat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin, 23 Desember 2019.
 
Prasetio memutuskan dana Bamus tidak dimasukkan di APBD DKI 2020. Ia meminta dana tersebut diajukan pada APBD Perubahan DKI Jakarta 2020.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif