Ilustrasi--MI/Bary Fathahilah
Ilustrasi--MI/Bary Fathahilah

Gelandangan di Jakarta Bersifat Musiman

Nasional dki jakarta pengangguran
Sri Yanti Nainggolan • 05 Januari 2021 20:20
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut gelandangan di DKI bersifat musiman. Masyarakat yang menggelandang datang di waktu-waktu tertentu.
 
"Itu musiman seperti itu, terjadi juga waktu awal-awal covid-19, itu awal Ramadan juga terjadi beberapa tempat seperti di Tanah Abang," terang Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 5 Januari 2021. 
 
Menurut dia, kedatangan gelandangan juga didukung pihak yang memberikan sedekah tiap malam pada para gelandangan. Ada haji yang memberikan uang keliling di area Tanah Abang sebesar Rp50 ribu tiap malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain di area Tanah Abang, gelandangan ada di area Jalan Tendean.  "Memang kalau teman-teman lihat, malam itu ada saja di pinggir jalan, mereka tiduran di trotoar," kata Riza. 
 
Baca: Daerah Lain Disebut Menjadi Penyebab Banyaknya Gelandangan di DKI
 
Politikus Gerindra itu menyebut Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan berbagai upaya mengurangi atau menghilangkan gelandangan. Khususnya, di area jalan protokol Ibu Kota. 
 
"Insyaallah Jakarta punya sumber daya manusia yang baik, yang komitmen punya program yang baik, punya anggaran yang cukup tinggi," tutur dia. 
 
Baca: Pengamat: Risma Mengambil Momen di DKI
 
Menteri Sosial Tri Rismaharini bertemu masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Ia menyusuri jalur pedestrian di Jalan Thamrin persis di sisi kanan Plaza UOB, Jakarta Pusat, pada Senin pagi, 4 Januari 2020. 
 
Ia mendapati tiga PPKS, salah satunya wanita bernama Fitri. Ia meminta agar Fitri mau ditampung Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, sementara waktu sambil menunggu koordinasi dengan pemerintah daerah. 
 
“Ibu mau ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal. Mau ya? Mau? Tapi ibu jangan ke mana-mana. Nanti ada yang jemput,” kata Risma dalam keterangan tertulis, Senin, 4 Januari 2020. 
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif