Ilustrasi ganjil genap. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi ganjil genap. Foto: MI/Ramdani

DKI Minta Polri Istimewakan Taksi Daring

Nasional taksi online sistem ganjil genap
Nur Azizah • 30 Agustus 2019 13:04
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta terkendala aturan mengecualikan taksi daring dari perluasan ganjil genap. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut pengecualian bisa terjadi asal mendapat izin Korps Lalu Lintas Polri.
 
"Jalan keluar ada satu, registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor domain kepolisian. Kita akan dorong kodifikasi dilakukan Korlantas," kata Syafrin saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Syafrin mengaku pihaknya berusaha mencari celah untuk mengecualikan taksi daring dari perluasan ganjil genap. Pemprov DKI terpentok putusan Mahkamah Agung Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Putusan MA tidak memperbolehkan ada penandaan bagi angkutan online," katanya.
 
Syafrin menyebut pemprov tak mungkin melanggar aturan MA. Satu-satunya jalan diskresi kepolisian.
 
"Kami tidak mungkin menjalankan kebjakan yang bertentangan dengan kebijakan di atasnya. Harus garis lurus, tidak bisa dibelokkan DKI. Kita harus lihat semua ini dengan kaca mata terang.  tidak memaksakan kehendak," tutur dia. 
 
Pengemudi taksi daring yang tergabung dalam Gerakan Ganjil Genap (Gergaji) unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecualikan taksi daring dalam kebijakan ganjil genap.
 
Salah satu orator, Ali Famansyah, menyebut kebijakan Anies memberatkan pengemudi taksi daring. Aturan tersebut menyulitkan pengemudi mencari uang.
 
"Kami mengusulkan kepada Pemda DKI mengeluarkan stiker yang dikeluarkan oleh Kepolisian pada taksi online yang telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Permenhub Nomor 118 Tahun 2018 ," kata Ali di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2019.
 
Cara itu dinilai bisa menghindari penyalahgunaan stiker oleh pihak tak berkepentingan. Pengemudi taksi daring juga mengusulkan pembuatan jalur ganjil genap untuk transportasi daring.
 
"Perumusan jalur ganjil genap bisa melibatkan organisasi taksi daring. Kami juga menentang penandaan plat khusus untuk taksi daring," tutur Ali.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif