Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat --Metrotvnews.com/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat --Metrotvnews.com/Nur Azizah

Djarot Heran Pemenang Tender Renovasi Sekolah DKI Berasal dari Sulawesi

Nasional sekolah rusak
LB Ciputri Hutabarat • 23 Agustus 2017 08:52
medcom.id, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat heran ada pemenang tender renovasi sekolah DKI yang berasal dari Sulawesi. Dia mempertanyakan keberadaan kontraktor di Jakarta.
 
"Aku heran kok bisa (kontraktor) dari Sulawesi, kok bisa jauh-jauh dari sana," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa sore 22 Agustus 2017.
 
Djarot meminta agar Badan Penyelenggara Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) untuk mengecek kontraktor tersebut. Jika ada kemungkinan penyelewenangan maka Djarot meminta perusahaan tersebut ditindaklanjuti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau hanya sekadar yang menang dari harga terendah, gampang. Saya minta cek betul, cek kebutuhan modal, tenaga ahli, cek lagi. Kalau enggak kita black list, kita cabut," tegas Djarot
 
Sebelumnya diketahui, sebanyak 119 sekolah di Jakarta akan direnovasi dengan anggaran sebesar Rp191 miliar. Suku Dinas Pendidikan baru menentukan pemenang lelang dan pada 23 Agustus akan melakukan kontrak.
 
Baca: Renovasi Sekolah di Jakarta Ada di Tangan Dinas Pendidikan Provinsi
 
Lebih lanjut, Djarot menjelaskan, renovasi yang akan dijalani sekolah tersebut adalah renovasi besar yakni perbaikan kerusakan-kerusakan seperti pagar, plafon, hingga kusen. Ditargetkan perbaikan ini dapat selesai dalam waktu tiga bulan atau Desember 2017.
 
"Kalau dia (kontraktor) bilang mampu selesai (tiga bulan) kenapa tidak. Itu kan renovasinya bukan membongkar, kalau bangun baru mungkin enggak selesai. Coba kita kaji," terang Djarot.
 
Baca: Daftar Pemenang Rehab Berat 119 Sekolah
 
Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto menjelaskan renovasi besar berada di bawah kewenangan Suku Dinas Pendidikan per wilayah. Suku Dinas Pendidikan juga yang menentukan pemenang lelang.
 
Menurut Sopan, renovasi besar hanya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Oleh karena itu, semua perbaikan sekolah akan selesai pada akhir 2017 mendatang. "Jeda waktunya cukup tiga bulan saja sudah selesai," kata dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif