Proses pembangunan Masjid Raya Jakarta. Foto: MTVN/Ilham Wibowo
Proses pembangunan Masjid Raya Jakarta. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Warga Duri Kosambi Ingin Dilibatkan Menjaga Masjid Raya Jakarta

Nasional masjid raya jakarta
Ilham wibowo • 07 Desember 2016 15:09
medcom.id, Jakarta: Masjid Raya Jakarta telah berdiri megah di Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Meski belum rampung, warga sekitar berharap nantinya dilibatkan mengelola masjid.
 
Hendri, 40, warga Duri Kosambi mengatakan, dirinya berharap masjid yang dibangun di atas lahan seluas 17,6 hektare ini dapat menyerap tenaga kerja baru buat warga sekitar. Menurutnya, keberadaan masjid yang disebut dapat menampung 16 ribu jamaah ini bisa menjadi tujuan wisata budaya dan keagamaan di Indonesia.
 
"Kami berharap pemerintah memprioritaskan warga sekitar sebagai pengurus masjid. Warga kami banyak yang mau beramal sambil mencari nafkah," kata Hendri kepada Metrotvnews.com, Rabu (7/12/2016)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Menengok Kemegahan Masjid Raya Jakarta
 
Menurut Hendri, warga sekitar sangat menantikan keberadaan masjid berkonsep budaya Betawi ini. Keterlibatan warga Duri Kosambi, kata Hendri, dapat menambah nilai tersendiri lantaran memiliki keterikatan tanah kelahiran.
 
"Kami semua bangga memiliki masjid semegah ini. Apalagi nantinya dijadikan tempat penampungan calon jamaah haji. Syukur-syukur banyak warga yang terdorong mau ikut berhaji," katanya.
 
Hal yang sama disampaikan Kasmuri, 55. Ia juga ingin terlibat dalam pengelolaan masjid. Ia siap menjadi tour guide wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai budaya Betawi sekaligus keagamaan.
 
"Budaya Betawi ini sangat kaya. Erat kaitannya dengan agama Islam juga," kata Kasmuri.
 
Baca: Masjid Raya Jakarta Bisa Jadi Destinasi Wisata Budaya & Religi
 
Masjid Raya Jakarta dibangun dengan APBD DKI 2014 dengan nilai Rp170 miliar. Masjid yang dicanangkan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo ini kini memasuki tahap penyelesaian akhir. Masjid ditargetkan diresmikan pada awal tahun 2017.

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif