Rencana bangunan Masjid Raya Jakarta
Rencana bangunan Masjid Raya Jakarta

Masjid Raya Jakarta Bisa Jadi Destinasi Wisata Budaya & Religi

Nasional masjid raya jakarta
Ilham wibowo • 07 Desember 2016 13:06
medcom.id, Jakarta: Keberadaan Masjid Raya Jakarta di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, sangat dinanti warga sekitar. Kelak setelah rampung, masjid dengan konsep bangunan budaya Betawi kontemporer ini bisa digunakan sebagai destinasi wisata budaya dan religi.
 
Marzuki, warga Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng yakin, keberadaan Masjid Raya Jakarta yang disebut-sebut mampu menampung 16 ribu jemaah ini dapat memberikan keberkahan tersendiri. Perekonomian juga akan turut berputar pesat lantaran banyaknya masyarakat dari dalam dan luar Ibu Kota berdatangan.
 
"Kawasan ini bisa jadi pusat budaya dan keagamaan," kata Marzuki kepada Metrotvnews.com, Rabu (7/12/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masjid yang dicanangkan di era Gubernur DKI Joko Widodo pada 2014 ini diharapkan dapat meningkatkan nilai keagamaan warga sekitar. Persatuan antarwarga pun dapat terjalin.
 
"Sekarang kan kita hanya beribadah di masjid kecil. Nanti, semua warga Kecamatan Cengkareng, atau Jakarta Barat bahkan, akan beribadah bersama dalam satu lokasi," ujarnya.
 
Marzuki sepakat dengan konsep bangunan merujuk kepada kebudayaan Betawi. Menurutnya, eksistensi kebudayaan Betawi sangat penting hadir di Ibu Kota.
 
"Konsep seperti ini berarti menyadari sinergi antara budaya dan agama. Ini baik menurut saya," kata Marzuki.
 
Masjid Raya Jakarta Bisa Jadi Destinasi Wisata Budaya & Religi
Pembangunan Masjid Raya Jakarta di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat -- MTVN/Ilham Wibowo
 
Marzuki mengatakan, setiap daerah harus punya ciri khas kebudayaan yang bisa ditonjolkan. Ornamen masjid yang kental dengan nuansa Betawi kontemporer ini nantinya bisa menjadi ikon Ibu Kota.
 
"Sebagai potret keberagaman budaya Nusantara dan dibangun untuk tetap menjalin persatuan dalam satu keyakinan," ujarnya.
 
Dana total pembangunan Masjid Raya Jakarta disebut mencapai Rp170 miliar. Dana sebesar itu diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov DKI Jakarta.
 
Masjid Raya Jakarta yang berada di KM 14 Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat ini direncanakan menjadi bangunan multifungsi. Bangunan masjid digabung dengan sarana penampungan sementara calon jemaah haji, agar mudah menuju Bandara Soekarno Hatta.
 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta rencananya membangun tujuh tower rusun di kawasan sekitar kompleks Masjid Raya Jakarta. Otomatis, pasar dan sarana pendidikan akan segera menyusul untuk segera terealisasi.
 
(Baca: Menengok Kemegahan Masjid Raya Jakarta)
 
(NIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif