Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 31 Mei 2020. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Warga berolahraga di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu, 31 Mei 2020. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

BPTJ Siapkan Fasilitas Bawa Sepeda di Dalam Angkutan Umum

Nasional sepeda transportasi
Kautsar Widya Prabowo • 16 September 2020 03:36
Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT) tengah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung bagi pengguna sepeda. Salah satunya untuk memudahkan warga membawa sepeda selama bermobilitas.
 
"Dalam waktu tidak lama, kita akan menyediakan dan memfasilitasi (untuk) membawa sepeda di dalam angkutan umum," ujar Kepala BPTJ Polana B Pramesti dalam diskusi virtual, Selasa 15 September 2020.
 
Menurut dia, sejumlah perangkat dalam mendukung kebijakan ini tengah disiapkan. Nantinya apabila seluruh elemen pendukung telah siap, kebijakan akan disosialisasikan ke sejumlah kabupaten kota terkait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk sepeda dan pejalan kaki dapat terintergasi (dengan angkutan umum) melalui transit oriented development (TOD)," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Komunitas Bike to Work (B2W) Putut Soedarjanto berharap kebijakan tersebut dapat segera terealisasikan. Pesepeda membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai.
 
"Kemudahan membawa sepeda di atas bus, barangkali misalnya sepeda lipat dulu," tutur putut.
 
Baca: Polisi Buru Keterangan Inisiator Pesepeda Masuk Tol
 
Putut menyakini kebijakan ini dapat menurunkan penggunaan kendaraan pribadi. Ke depan, jarak yang jauh tidak menghalangi jangkauan pesepeda .
 
"Mau ke Bogor dari Tangerang, dari rumah (naik sepeda) ke terminal terdekat (naik bus), sampai ke wisata di Bogor dan balik lagi. Kalau mau ke Bogor tidak lagi gunakan kendaraan pribadi," imbuh dia.

 
(OGI)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif