Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek busa di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengecek busa di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.

Kali Item Berbusa

Nasional banjir jakarta pemprov dki
Muhammad Al Hasan • 02 Januari 2019 18:27
Jakarta: Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, sempat mengeluarkan busa. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun meninjau Kali Item untuk memastikan kondisi di lapangan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji, dan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara, turun ke lokasi. Mereka didampingi Camat Kemayoran Herry Purnama.

Rombongan langsung menuju tempat pompa penyaringan di belakang stasiun pompa di Danau Sunter. Anies menyuruh petugas menyalakan mesin karena buih yang berada di Kali Item diduga hasil gelembung dari mesin pompa yang dinyalakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Mesin pompa dinyalakan beberapa menit. Anies dan rombongan lalu beralih menuju ke Kali Item. Setelah pompa penyaringan dinyalakan, buih putih muncul seperti busa bekas deterjen cucian yang cukup banyak. Sebelum kedatangan Anies, Saefullah memang sempat mengobrol dengan Penanggung Jawab Pompa Sunter Selatan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dadang Darmawan. Sekda bertanya mengenai keberadaan busa.

Baca: Waring Kali Item Diganti Turap

"Sering busa tapi enggak sedahsyat kemarin, semua berbusa. Hanya kemarin. Kalau airnya kering banyak (busa) tapi kalau airnya besar enggak," kata Dadang, di lokasi, Rabu, 2 Januari 2019.

Percakapan langsung mengarah pada darimana asal mula busa dan bagaimana cara penanggulangannya. Menurut Dadang, busa muncul akibat reaksi limbah rumah tangga dan industri yang masuk ke danau.

"Dari rumahan pemukiman masyarakat juga beberapa industri yang buang ke Danau Sunter," kata Dadang.


(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi