Waring Kali Item Diganti Turap
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan - Medcom.id/Intan Fauzi.
Jakarta: Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengaku mengusulkan pencopotan waring di Kali Item (Kali Sentiong). Waring sepanjang 700 meter itu akan diganti dengan turap.

"Saya sudah bersurat ke Pak Gubernur mohon izin waring hitam kita cabut agar bisa dipasang sheet pile untuk sisi kanan dan sisi kirinya," kata Teguh di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 November 2018.

Pemasangan turap di Kali Sentiong merupakan program penataan bidang aliran Timur. Turap akan dipasang sepanjang Kali Sentiong, mulai dari kawasan Pasar Senen hingga Wisma Atlet.


"Makanya waring kita cabut karena program sudah mulai dilaksanakan. Nanti juga akan kita lakukan pengerukan. Waktu Asian Games nggak bisa dikeruk, karena pas dikeruk satu meter sudah longsor. Makanya kita bangun sheet pile," terang Teguh.

Turap akan dipasang sepanjang lima kilometer. Pemasangan ini dilakukan di atas lahan yang sudah tidak bersengketa.

(Baca juga: Waring Kali Item Dicopot)

"Kita cari yang lahannya clean and clear. Kita memang mengonsepkan lahan-lahan yang memang perlu untuk pembangunan sarana prasarana kali," terang dia.

Pemasangan waring di Kali Item bermula sejak pertandingan Asian Para Games 2018. Selain waring, nano bubble juga dipasang untuk menghilangkan bau tak sedap yang ditimbulkan.

Pemasangan waring menghabiskan biaya Rp580,8 juta. Pengadaan itu menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 yang berada di pos Dinas SDA.

Pembelian jaring untuk Kali Item dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai Rp192,2 juta. Kedua, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai yang sama. Lalu, pembelian ketiga sepanjang 246 meter senilai Rp196,36 juta.

(Baca juga: Warga: Sudah Selayaknya Waring Dicopot)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id