Pejalan kaki melintas di pinggir tebangan pohon di Trotoar Cikini, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019). Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim
Pejalan kaki melintas di pinggir tebangan pohon di Trotoar Cikini, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019). Foto: MI/Adi Maulana Ibrahim

Penebangan Pohon di Ibu Kota Bakal Dilanjutkan

Nasional trotoar
Putri Anisa Yuliani • 08 November 2019 12:31
Jakarta: Dinas Bina Marga DKI Jakarta akan menebang pohon-pohon di trotoar Jalan Kramat. Ini dilakukan seiring revitalisasi trotoar di kawasan tersebut.
 
"Kalau memang sudah keluar mengganggu drainase ya kita relokasi," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho dikutip dari Media Indonesia, Jumat, 8 November.
 
Hari mengaku pihaknya sudah melakukan sosialisasi terkait penebangan pohon. Proses penebangan dengan seizin dan rekomendasi dari Dinas Kehutanan DKI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya yang memohon, memohon ke Dinas Kehutanan bahwasannya pohon ini kita mau hilangkan karena mengganggu drainase dan sebagainya. Kedua, ini nanti dalam rekomendasi terus dia (Dinas Kehutanan) yang motong," ujar dia.
 
Hari menyebut pohon-pohon yang ditebang akan digantikan dengan pohon baru. Dia memastikan jalan pedestrian tetap rindang.
 
Sebelumnya, penebangan pohon di trotoar Cikini dan Menteng viral di media sosial. Warganet memprotes penebangan lantaran dinilai membuat gersang pedestrian.
 
Delapan pohon berusia tua yang berada di trotoar dekat Stasiun Cikini ditebang buat pelebaran jalur pejalan kaki. Kegiatan itu diklaim buat peremajaan pohon pelindung.
 
"Menggantikan pohon pelindung yang sebelumnya," kata Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif