Penyidik KPK Novel Baswedan. Foto: MI/Susanto
Penyidik KPK Novel Baswedan. Foto: MI/Susanto

Kejati DKI Kembalikan Berkas Perkara Penyerang Novel Baswedan

Nasional novel baswedan
Cindy • 06 Februari 2020 11:02
Jakarta: Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengonfirmasi pengembalian berkas dua tersangka penyerang penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Novel Baswedan. Dia menyebut pengembalian berkas lumrah terjadi.
 
"Itu wajar, kita sedang proses perbaiki," kata Argo di Rupatama Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta mengembalikan berkas perkara dua tersangka penyerang Novel, Rahmat Kadir dan Ronny Bugis. Berkas keduanya dinyatakan belum lengkap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kejati DKI Kembalikan Berkas Perkara Penyerang Novel Baswedan
Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Argo Yuwono. Foto: Medcom.id/Cindy.
 
Dokumen itu sebelumnya diterima Kejati DKI pada Kamis, 16 Januari 2020 dan dikembalikan ke Penyidik Polda Metro Jaya sejak Selasa, 28 Januari 2020.
 
"Pengembalian karena masih ada kekurangan syarat formal dan materiel yang perlu dilengkapi oleh pihak penyidik guna memenuhi keabsahan dan unsur-unsur kualifikasi pasal yang disangkakan," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI Jakarta Nirwan Nawawi melalui keterangan tertulis.
 
Novel Baswedan disiram air keras sepulang dari Masjid Al-Ihsan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 11 April 2017. Novel dilarikan ke Singapura untuk menjalani operasi mata sejak 12 April 2017.
 
Tim Teknis yang mengusut kasus penyiraman air keras terhadap Novel menangkap Ronny dan Rahmat di Cimanggis, Depok, Jawa Barat pada Kamis, 26 Desember 2019.
 
Keduanya merupakan polisi aktif dari kesatuan Brimob. Ronny dan Rahmatdijerat dengan Pasal 170 subsider 351 Ayat (2) KUHP tentang Penganiayaan dan Pengeroyokan dengan ancaman lima tahun penjara.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif