Irjen Napoleon Bonaparte (baju kuning). Foto: MI/Susanto.
Irjen Napoleon Bonaparte (baju kuning). Foto: MI/Susanto.

Irjen Napoleon Jalani Sidang Etik Usai Semua Kasus Inkrah

Siti Yona Hukmana • 20 Mei 2022 22:18
Jakarta: Mantan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Napoleon Bonaparte belum dipecat dari institusi Polri. Jenderal bintang dua itu menjalani sidang kode etik profesi usai semua kasus yang menjeratnya inkrah atau berkekuatan hukum tetap. 
 
"Iya (tunggu semua kasusnya inkrah), ada putusan dari pengadilan pidananya atau pengadilan negerinya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 20 Mei 2022. 
 
Gatot memastikan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri akan melakukan sidang kode etik terhadap Napoleon. Namun, dia belum dapat memastikan waktunya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Irjen Napoleon Pakai HP di Rutan, Kompolnas: Harus Diberi Sanksi
 
"Tentunya setelah dapat inkrah dari putusan pengadilan yang nanti akan dikenakan kepada Pak Napoleon, " ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu. 
 
Gatot menyebut pengadilan terhadap Napoleon masih berjalan. Meski dia tidak memerinci kasus apa saja yang masih berproses di persidangan. 
 
"Jadi gini, pengadilannya kan masih berjalan, pengadilan pidana kan. Nanti setelah ada putusan itu, sidang kode etik akan menyertai, " jelas Gatot. 
 
Untuk diketahui, Napoleon masih berstatus sebagai anggota Polri aktif. Dia masih memegang pangkat kebanggaan yakni jenderal polisi bintang dua. 
 
Napoleon dijerat tiga kasus. Pertama, kasus kasus suap dan penghapusan red notice buronan Djoko Soegiarto Tjandra. Jenderal bintang dua itu dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang untuk menjalani hukuman empat tahun penjara ditambah denda Rp100 juta subsider enam bulan kurungan.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif