Pisau yang disita dari pelaku penyerangan atas Menkopolhukam Wiranto. Foto: Istimewa
Pisau yang disita dari pelaku penyerangan atas Menkopolhukam Wiranto. Foto: Istimewa

Mabes Polri: Senjata Kunai Mudah Didapatkan

Nasional Wiranto Diserang
Cindy • 12 Oktober 2019 09:19
Jakarta: Senjata yang digunakan menyerang Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, berjenis kunai. Senjata yang menyerupai pisau ninja itu dikatakan, umum beredar.
 
"Dia beli, ini cukup mudah didapatkan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Meski menyebut senjata mudah didapat, Dedi tak memerinci lokasi pembelian atau hal terkait lain. Dia hanya menyebut, senjata ini unggul untuk serangan jarak dekat dan spontan. Selain itu, kunai sulit dilepas dari tangan pengguna. Karena ada kaitan di pangkal pegangan yang bisa dimasuki jari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketika kunai dipegang dengan cara yang benar, maka senjata tersebut akan sulit dilepaskan. Hal ini yang mengakibatkan aparat kesulitan melumpuhkan pelaku penikaman SA alias Abu Rara.
 
"Ketika pisau ini sudah masuk ke tangan sulit dilepas," kata Dedi.
 
Meski sudah dilumpuhkan, pisau tersebut masih dipegang Abu Rara. Sehingga saat dilakukan pelumpuhan akhirnya Ajudan Konrem juga terkena sabetan kunai.
 
"Abu Rara memberontak setelah melihat istrinya, FA, ditangkap. Sehingga dia melakukan perlawanan dan melukai Ajudan Konrem," tutur Jenderal Bintang Satu itu.
 
Wiranto diserang orang tak dikenal saat berada di Alun-alun Menes Pandeglang, Banten, Kamis, 10 Oktober 2019, sekitar pukul 11.30 WIB. Seseorang berpakaian hitam itu tiba-tiba merangsek pengamanan tak lama setelah Wiranto keluar dari mobil dinasnya.
 
Wiranto yang saat itu baru keluar dari mobil untuk bersalaman dengan warga, langsung terjengkang. Saat itu, Wiranto hendak pulang ke Jakarta usai menghadiri acara peresmian gedung kuliah bersama di Universitas Matlaul Anwar di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi, Banten.
 
Akibat perbuatan Abu Rara, Wiranto mendapatkan dua luka tusukan di bagian perut sebelah kiri. Keadaan Wiranto mulai membaik setelah menjalani operasi di RSPAD Gatot Subroto.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif