mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir. Medcom.id/Cindy Ang.
mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir. Medcom.id/Cindy Ang.

Fahri Hamzah: Bachtiar Nasir Berhak Membela Diri

Nasional tppu aksi 212
Cindy • 07 Mei 2019 15:48
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyerahkan kasus yang menjerat mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir kepada pihak berwajib. Fahri mengingatkan Nasir juga punya hak untuk melakukan pembelaan.
 
"Saya kira silakan saja beliau diproses dan beliau punya hak penuh untuk membela diri. Saya kira itu," kata Fahri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta, Selasa 7 Mei 2019.
 
Baca: Besok, Bachtiar Nasir Diperiksa Perdana Sebagai Tersangka

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fahri enggan berkomentar banyak terharap kasus Nasir. Dia langsung berjalan pergi meninggalkan wartawan usai menanggapi pertanyaan itu.
 
Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri mengantongi dua alat bukti terkait kasus yang menjerat mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) Bachtiar Nasir. Dia ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU) Yayasan Keadilan untuk Semua (YKUS).
 
Bachtiar dijadwalkan diperiksa di Mabes Polri, Rabu, 8 Mei 2019. Kedua alat bukti yang ditemukan itu akan diklarifikasi pada pemeriksaan tersebut.
 
"Dua alat bukti dulu yang besok akan diklarifikasi dalam pemeriksaan tersebut. Nanti akan diklarifikasi terkait beberapa temuan-temuan penyidik yang saat ini sudah ada di penyidik," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Baca: Polisi Buka Alasan Bachtiar Nasir Baru Diproses
 
Dedi menyebut pidana pokok yang disangkakan kepada Bachtiar mengenai penipuan dan penggelapan. Penyidik juga akan membuktikan pidana kolektif lainnya lewat pemeriksaan besok.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif