Kejaksaan Agung. Foto: MI
Kejaksaan Agung. Foto: MI

Penyidik Kasus HAM Berat Paniai Tiba di Jayapura

Tri Subarkah • 16 Desember 2021 09:44
Jakarta: TIM penyidik dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat untuk Peristiwa Paniai 2014, tiba di Jayapura, Papua. Hal itu diungkapkan Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung Ali Mukartono.
 
"Timnya (sudah) di sana, di Jayapura. Tim memeriksa di sana, sekarang dikoordinasikan dengan Kejati (Papua)," kata Ali di Gedung Bundar Kejagung dilansir dari Media Indonesia, Jakarta, Kamis, 16 Desember 2021.
 
Ali menyebut Direktur HAM Berat JAM, Pidsus Erryl Prima Putera Agoes, mengetuai tim yang terjun ke Jayapura. Di sana, mereka akan memeriksa saksi maupun korban Peristiwa Paniai. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti koordinasikan dulu, kan korbannya di sana. Panggilan sudah disampaikan ke Kejati, sekarang tim sudah sampai sana," ujarnya.
 
Baca: Penyelesaian HAM Berat Terus Diupayakan Lewat Yudisial dan Nonyudisial
 
Proses penyidikan dugaan pelanggaran HAM Paniai dimulai pada Jumat, 3 Desember 2021, saat Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menerbitkan Surat Perintah Penyidikan Nomor Print-79/A/JA/12/2021. Penyidikan itu merupakan tindak lanjut dari hasil penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM.
 
Kejagung menilai tahapan penyidikan diperlukan untuk mencari dan mengumpulkan alat bukti dari berkas perkara Komnas HAM yang alat buktinya dinyatakan belum cukup. Penyidikan ditujukan untuk membuat terang dugaan pelanggaran HAM berat serta menemukan pelakunya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif